Menakjubkan! Udang Air Tawar Mampu Atasi Penyebaran Parasit


Pertanianku – Belum lama ini terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa udang air tawar mampu membantu mencegah penyebaran parasit schistosomiasis ataupun penyakit yang bisa disebabkan oleh parasit lain.

Foto: pixabay

Menurut studi tersebut, obat yang diresepkan dokter untuk mengendalikan schistosomiasis sering gagal, karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Dengan mengonsumsi udang dan tetap meminum obat, akan membantu pengobatan lebih efektif.

Hal ini terjadi karena udang kerap memangsa siput yang memiliki parasit. Maka, protein udang pun akan tinggi. Meskipun siput memiliki parasit yang berbahaya, parasit tidak dapat hidup dalam tubuh udang bahkan ia akan mati.

“Temuan ini membuka harapan baru dengan pendekatan yang berbeda untuk mengontrol penyebaran schistosomiasis,” ungkap penulis studi Giulio De Leo, seorang profesor biologi di Hopkins Marine Station dari Stanford University di Amerika Serikat dilansir dari Zeenews.

Untuk itu, tim peneliti melakukan uji coba pada sebuah desa yang dilintasi sungai dengan menebarkan udang-udang ke dalamnya. Sebelumnya, diketahui sungai tersebut merupakan habitat siput yang memang terjangkit schistosomiasis.

Selama 18 bulan, tim peneliti menemukan 80% siput tersebut bebas dari infeksi. Beban penyakit pun turun hingga 50%. Bahkan, kesehatan masyarakat juga lebih baik setelah adanya udang yang hidup di dalam sungai tersebut.

“Jika terus dikembangkan dan dibudidayakan, maka temuan ini akan membantu negara berkembang untuk melawan penyakit yang disebabkan parasit serta meningkatkan perekonomian dalam bidang budidaya udang air tawar,” terang Susanne Sokolow dari Marine Station Stanford Hopkins.

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor
loading...
loading...