Menanam Belimbing Manis di Pot, Buah Cantik nan Manis

Pertanianku — Buah belimbing manis memang masih kalah pamor dengan buah-buahan lain yang biasa diperjualbelikan. Hal ini dikarenakan cukup sulit untuk mendapatkan buah yang manis. Padahal, buah yang sudah masak, rasanya akan sangat segar dan lezat, terlebih lagi jika dijus, cocok menjadi pelepas dahaga. Agar Anda bisa mendapatkan buah belimbing manis sesuai dengan selera, Anda bisa menanam belimbing manis di pot sendiri.

menanam belimbing manis
foto: pixabay

Menanam belimbing manis cukup mudah. Jika ditanam dengan benar, buahnya akan berbuah sepanjang tahun. Buah yang tumbuh akan bergelantungan pada dahannya. Bentuknya yang unik seperti bintang dengan warnanya yang kuning membuat buah ini sangat kontras dari pohonnya sehingga cantik jika digunakan sebagai tanaman hias.

Bentuk tajuknya yang rindang dengan tajuk pohon yang tidak terlalu besar bisa berfungsi sebagai pohon pelindung rumah dari paparan sinar matahari atau debu. Teknik perawatan serta pembibitannya cukup mudah untuk dilakukan sehingga menanam belimbing manis di pot bukan menjadi perkara yang sulit.

Loading...

Belimbing manis cocok ditanam di dataran rendah sampai ketinggian 500 mdpl dengan suhu lingkungan sekitar 20—30 derajat Celcius. Pohon ini sangat menyukai tempat terbuka dan mendapatkan sinar matahari yang cukup, tetapi masih toleran terhadap naungan. Intensitas cahaya yang dibutuhkan oleh pohon ini sebesar 45—50 persen. Salah satu kendala pohon belimbing rajin berbuah adalah angin kencang yang bisa menggugurkan bunga dan buahnya.

Bibit yang sebaiknya digunakan adalah hasil okulasi yang sudah berumur enam bulan atau lebih, tinggi bibit  antara 60—75 cm dengan diameter batang 1—1,5 cm, bentuk batang lurus dan tidak bercabang, serta warna daun hijau mengilap dan sudah membentuk 3—5 flush.

Media tanam yang sebaiknya digunakan berupa campuran antara tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:3:2.  Sapkan juga pot drum sebagai wadah tempat belimbing tumbuh, pastikan ukuran pot sesuai dengan tanaman. Setelah semuanya sudah disiapkan, berikut ini langkah-langkah menanam belimbing di pot.

  • Siapkan pot drum yang bagian dasarnya sudah diberi lubang, lalu masukkan pecahan genting atau pecahan batu bata pada dasar pot hingga setebal 5 cm. Selanjutnya, masukkan media tanam ke dalam pot hingga setengah pot.
  • Siapkan bibit, lalu keluarkan dari polibag dengan hati-hati dan potong sebagian akar yang berlebihan. Usahakan media tanam yang berada di polibag terbawa bersama akar. Tanam bibit di tengan pot dengan posisi tegak. Tambahkan media tanam hingga hampir penuh, lalu padatkan bagian pangkal batang.
  • Siram tanaman dengan air bersih secukupnya hingga media tanam basah. Tempatkan tanaman di lokasi teduh selama 4—6 minggu. Selanjutnya, pindahkan ke tempat terbuka dengan sinar matahari, terutama pada pagi hari.
Baca Juga:  Pupuk yang Dibutuhkan Jambu Air Madu Deli untuk Menghasilkan Buah yang Lebat

Anda bisa mendapatkan bibit tanaman belimbing manis, media tanam, dan beragam pupuk di Toko Trubus yang terdekat di kota Anda. Untuk mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), cukup pesan melalui online, Toko Trubus akan mengirimnya ke rumah Anda.

 

Loading...
Loading...