Menanam Jambu Biji dalam Pot

PertaniankuMenanam jambu biji di dalam pot dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk mempercantik pekarangan rumah terlebih bagi Anda yang memiliki lahan terbatas di rumah. Mungkin banyak pemahaman orang bahwa menanam pohon di pot dapat mengekang akar tanaman dalam mencari hara dan air. Namun, jika Anda menggunakan teknik yang tepat, tanaman akan tumbuh secara optimal.

Menanam Jambu Biji dalam Pot

Salah satu tanaman buah yang bisa dibudidayakan dalam pot adalah jambu biji. Jambu biji sangat sesuai jika ditanam menggunakan pot karena tajuknya akan mudah dibentuk dan tidak memerlukan perawatan yang intensif. Meski demikian tetap ada hal-hal yang sebaiknya diperhatikan jika Anda ingin menanam jambu biji dalam pot. Pertumbuhannya akan terbatas karena keterbatasan nutrisi. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menanam jambu biji dalam pot kenalilah terlebih dahulu karakter dan varietas jambu biji yang akan ditanam.

Loading...

Berikut panduan menanam jambu biji dalam pot.

  1. Pilihlah varietas jambu yang tajuknya bisa dibentuk pendek.
  2. Perhatikan akar. Pasalnya, bibit yang berasal dari biji umumnya memiliki akar tunggang dan kuat sehingga akan dikhawatirkan dapat merusak pot. Oleh karena itu, tanamlah bibit yang perakarannya serabut dan dangkal.
  3. Pilihlah ukuran pot yang proporsional untuk menopang tajuk tanaman.
  4. Pilihlah lokasi penyimpanan pot yang dapat terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Ini karena jambu biji termasuk tanaman yang membutuhkan sinar matahari sebanyak 70%.
  5. Gunakanlah media tanam yang tinggi kandungan bahan organiknya serta ringan. Usahakan tidak hanya menggunakan media tanam berupa tanah dalam pot karena tanah tergolong media tanam yang berat serta mudah mengeras dan mengering.
  6. Anda harus rajin menyiram dan memupuk. Tanaman yang berada dalam pot, suplai nutrisi dan airnya jauh lebih terbatas dibandingkan tanaman yang ditanam di lahan luas.
  7. Lakukanlah pemangkasan secara rutin. Pasalnya, tajuk tanaman yang berada di dalam pot sebaiknya diatur agar tidak terlalu besar dan lebat karena akan menyulitkan pemeliharaan.
Baca Juga:  Ciri-ciri Mangga Chokanan Siap Panen

Sumber : Buku Bertanam Jambu Biji di Pekarangan

Loading...
Loading...