Menanam Jambu Biji di Pot, Kegiatan Menyenangkan Menghasilkan Buah yang Sehat

Pertanianku — Jambu biji mengandung vitamin C buah ini terbilang cukup tinggi sekitar 10—200 mg bergantung pada varietasnya. Jumlah ini sudah lebih dari cukup memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Kadar vitamin C paling banyak dijumpai pada bagian kulit serta daging buah. Akan lebih berkesan jika buah didapatkan dari pekarangan rumah sendiri. Oleh karena itu, menanam jambu biji akan menjadi kegiatan menyenangkan.

menanam jambu biji
foto: pixabay

Pohon jambu biji yang ditanam di dalam pot bisa menjadi pohon penghias pekarangan dan saat buahnya sudah masak, buahnya dapat dikonsumsi oleh anggota keluarga. Buah jambu biji merupakan buah yang bisa berbuah sepanjang musim. Sifatnya yang mudah berbuah membuat Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati buahnya.

Jambu biji merupakan buah yang tumbuh subur di daerah tropis dengan ketinggian maksimal mencapai 1.200 mdpl. Kondisi lingkungan yang dibutuhkan untuk pohon tumbuh adalah udara dengan tingkat kelembapan yang rendah serta udara kering yang miskin uap air. Pohon ini sangat cocok ditanam di dalam pot sehingga bisa memudahkan proses perawatan.

Loading...

Jika ingin cepat tumbuh, sebaiknya menanam jambu biji di pot dilakukan dengan menggunakan bibit cangkok atau okulasi. Bibit tersebut akan mulai berbunga pada umur 2—3 tahun. Sementara, bibit yang berasal dari setek dan biji akan membutuhkan waktu lebih lama untuk berbuah.

Menanam jambu biji di pot terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk pot dengan perkembangan pohon. Jika pohon sudah tumbuh membesar, jangan lupa lakukan pergantian pot. Selalu berikan nutrisi melalui pupuk yang tepat agar asupan nutrisi pohon tidak terhambat.

Berikut ini tahapan-tahapan menanam jambu biji di pot yang bisa Anda ikuti.

  • Siapkan pot dan masukkan pecahan genting di bagian dasar pot. Masukkan media tanam hingga bibit pot, lalu buat lubang tanam.
  • Keluarkan bibit dari poli Caranya, buka plastik yang melekat pada media tanam secara hati-hati agar akar tidak rusak. Potong akar yang berlebihan dan daun separuh lebar daun. Masukkan bibit ke lubang tanam, lalu isi ruang-ruang yang masih kosong dan padatkan di pangkal akar. Siram tanaman dengan air bersih secukupnya hingga media basah.
  • Letakkan tanaman di tempat teduh selama 3—4 minggu. Setelah itu, pindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
Baca Juga:  Resep Ramuan Mengkudu yang Sangat Berkhasiat untuk Kesehatan

Penggunaan media tanam juga Anda harus perhatikan. Berikut ini formulasi meda tanam yang bisa digunakan untuk menanam jambu biji di pot.

  • Tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2:2
  • Tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:2
  • Tanah, pupuk kadang, dan sekam dengan perbandingan 1:3:2
  • Tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandngan 1:1:1

Anda bisa mendapatkan bibit tanaman jambu biji, media tanam, serta beragam pupuk dan pestisida di Toko Trubus yang terdekat di kota Anda. Cukup pesan online, Toko Trubus akan mengirimkannya ke rumah Anda.

Loading...
Loading...