Menanam Kubis di Lahan Rawa

Pertanianku — Kubis populer di Indonesia karena sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Sentra penghasil kubis di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Tahukah Anda bahwa menanam kubis bisa dilakukan di lahan rawa, baik lahan rawa lebak maupun rawa pasang surut.

menanam kubis
foto: pixabay

Ada dua metode penanaman yang bisa dilakukan untuk menanam kubis di lahan rawa, yaitu secara hamparan atau melalui sistem surjan.

Pada lahan rawa lebak dangkal, budidaya kubis dilakukan dengan metode penanaman hamparan. Penanaman dapat dilakukan pada musim kemarau pada saat lahan sedang tidak berair dan sebisa mungkin panen dilakukan sebelum masuk musim hujan. Oleh karena itu, varietas yang digunakan sebaiknya memiliki umur panen yang tidak terlalu lama, sekitar 2—2,5 bulan.

Loading...

Jika Anda menggunakan sistem hamparan, Anda juga harus membuat parit agar drainase air di lahan penanaman bisa berjalan lancar. Sistem drainase yang buruk dapat menyebabkan lahan perkebunan tergenang oleh air.

Sementara itu, sistem penanaman surjan dilakukan untuk menanam kubis di lahan rawa pasang surut dengan tipe luapan air B dan C serta lahan rawa lebak dangkal di pertengahan musim hujan.

Surjan merupakan sistem pertanian di lahan rawa yang memadukan antara tegalan dan sistem sawah. Surjan sangat cocok diaplikasikan di rawa pasang surut dengan tipe luapan B, C, rawa lebak dangkal dengan ketinggian genangan sekitar 50—100 cm. Pada bagian sawah atau tabukan ditanami oleh padi, sedangkan pada bagian temboknya ditanami sayuran seperti kubis.

Agar proses penanaman berhasil, Anda bisa menggunakan varietas kubis unggul, seperti KK cross, KS cross, KY cross, Intami, dan Galaxy.

Kubis yang ditanam pada lahan rawa sangat cocok digunakan untuk sumber penghasilan. Pasalnya, jika dirawat dengan benar, Anda bisa mendapatkan panen sebanyak 31,70 ton/hektare.

Baca Juga:  Balitbangtan Mengembangkan Varietas Kacang Tanah Tahan Penyakit

Kubis merupakan sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Hasil air rebusan batang kubis dapat mengatasi permasalahan prostat, sedangkan bagian bunga kubis bisa berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker.

Kubis mengandung nutrisi seperti air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, dan asam askorbit.

 

 

Loading...
Loading...