Ingin Menanam Markisa di Halaman Rumah? Begini Caranya


Pertanianku — Tanaman markisa dapat tumbuh baik di dataran tinggi atau di dataran rendah dan pada jenis tanah apa pun. Selain ditanam di lahan pertanian, Anda juga bisa menanam markisa di halaman rumah.

menanam markisa di halaman rumah
Pixabay

Tanaman markisa termasuk jenis tanaman rambat sama seperti anggur. Bagi Anda yang ingin membudidayakan markisa di sekitar rumah, berikut ini tipsnya.

  1. Pembibitan

Saat ini sudah banyak toko tanaman yang menjual bibit-bibit berkualitas termasuk bibit tanaman markisa. Anda bisa mendapatkannya dengan mendatangi toko atau memesannya secara online.

Jika Anda ingin melakukan proses pembibitan sendiri, ada beberapa metode yang dapat dilakukan. Pertama, dengan metode generatif atau bibit yang diambil dari markisa yang sudah tua. Ambil bijinya dan rendam dalam air hangat sehari semalam, lalu jemur hingga mengering.

Kedua, yaitu dengan metode vegetatif atau setek. Anda bisa mengambil batang tanaman markisa yang bagus lalu memotongnya dan menanamnya.

  1. Penanaman

Jika Anda menggunakan metode generatif atau biji, sebaiknya Anda membuat biji yang disediakan itu berkecambah terlebih dahulu. Biji markisa yang sudah kering tadi ditanam di dalam polybag yang sudah diisi pupuk kandang.

Saat bibit sudah siap dipindahkan, buatlah lubang pada tanah atau pot dengan panjang, lebar, dan tinggi sekitar 15 cm. Lalu, isi 1/3 lubang dengan pupuk kandang sebelum menanam bibit markisa. Setelah bibit dimasukkan ke lubang, tutuplah dengan tanah.

Jika Anda memilih bibit dari batang markisa atau dengan cara setek, proses penanaman lebih praktis. Anda hanya perlu menyiapkan lubang yang diberi pupuk kandang di bagian bawah lalu tanam batang yang sudah disiapkan. Jarak antara satu batang dan batang yang lain sekitar 3×3 meter.

  1. Pengairan
Baca Juga:  Begini Tanda-tandanya Jika Tanaman Kekurangan Nutrisi

Air merupakan unsur penting agar tumbuhan dapat hidup dengan baik. Maka dari itu, penyiraman merupakan salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Lakukan penyiraman secara rutin di pagi atau sore hari agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik.

Saat tanaman mulai berbunga dan berbuah, Anda bisa meningkatkan intensitas penyiraman agar buah yang dihasilkan lebih berkualitas.

  1. Penyiangan

Penyiangan perlu dilakukan untuk menyingkirkan gulma atau tanaman liar di sekitar tanaman markisa. Gulma dapat menghambat pertumbuhan tanaman karena dapat mengikis nutrisi yang seharusnya untuk tanaman markisa.

  1. Pemupukan

Berikutnya adalah pemupukan yang dilakukan untuk menambah nutrisi pada tanaman. Pemupukan dapat diberikan saat tanaman marksia berusia 1,5 bulan atau dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun.

Waktu pemberian pupuk disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Pupuk yang dipakai adalah pupuk organik sebagai dasar, sedangkan pupuk kimia sepeti urea, KCL, atau jenis lainnya dapat diberikan sebagai tambahan saja.

  1. Pemasangan media rambat

Karena markisa tumbuh merambat, Anda harus menyiapkan media rambat agar sulur-sulur tersebut meramabat dengan baik dan rapi terutama jika ditanam di halaman. Alat yang harus disiapkan adalah bilah bambu dengan tinggi kurang lebih 2 meter.

Tancapkan bilah bambu tersebut di sekitar tanaman. Di bagian atas bilah bambu, Anda bisa memasang tali rapia atau kawat untuk menghubungkan sulur. Pemasangan media rambat ini selain bertujuan memudahkan tanaman merambat, juga memudahkan proses panen nantinya.

loading...
loading...