Menanam Pohon Jabon Mendatangkan Banyak Keuntungan

Pertanianku— Jabon merupakan salah satu jenis tanaman lokal Indonesia yang bisa berpotensi mendatangkan keuntungan, pembangunan tanaman hutan, penghijauan, reklamasi lahan bekas tambang, atau berguna sebagai pohon peneduh. Ternyata, menanam pohon jabon bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan. Simak ulasan berikut ini yang membahas keuntungan dari menanam pohon jabon.

pohon jabon
foto: pertanianku

Mudah untuk dibudidayakan

Meskipun jabon masih kalah populer dengan beberapa tanaman hutan lainnya, budidaya jabon yang dilakukan secara komersil bisa dilakukan dengan mudah. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak perlakuan khusus agar bisa menghasilkan kayu berkualitas. Selain itu, jabon merupakan tanaman yang memiliki pertumbuhan sangat pesat.

Loading...

Perawatan pohon jabon pun tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu melakukan perawatan pada pohon yang masih berumur 1—2 tahun. Setelah berumur tiga tahun, pohon jabon sudah tumbuh besar sehingga gulma sudah tidak bisa tumbuh karena ternaungi pohon jabon. Oleh karena itu, pohon jabon terkenal lebih tahan terhadap serangan hama.

Penyebaran luas

Jabon sudah tersebar secara alami dan meluas, mulai dari Indonedoseia, India, hingga Papua New Guniea. Meskipun bukan di habitat aslinya, pohon ini bisa tumbuh subur. Di Indonesia, pohon jabon sudah tersebar hampir di seluruh penjuru Nusantara, seperti di Sumatera, Jawa Barat dan Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, serta Papua. Di Maluku terdapat sebaran jabon yang dikenal dengan sebutan jabon merah.

Nilai ekonomis

Jika dilihat dari sisi nilai ekonomis, kayu ini memiliki prospek yang bagus karena sudah memiliki pangsa pasar yang baik. Jabon sering ditanam untuk pengembangan hutan tanaman industri, hutan tanaman rakyat, ataupun hutan rakyat. Nilai ekonomisnya pun cukup tinggi dengan kualitas kayu yang tergolong baik. Selain itu, permintaan kayu ini terbilang tinggi, baik dari domestik maupun untuk ekspor.

Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air

Bahan baku industri kayu dan pertukangan

Jabon merupakan pohon penghasil kayu yang digunakan sebagai bahan baku untuk beberapa industri. Pemanfaatan kayu jabon terbilang cukup luas, antara lain usaha kayu pertukangan, peti buah, cetakan beton, mainan anak, kelim, pulp, dan korek api.

 

 

Loading...
Loading...