Menanam Toge di Kain Flanel, Begini Caranya!


Pertanianku — Pernahkah Anda menanam toge atau kecambah? Media tanam apa yang Anda gunakan? Nah, bagi Anda yang belum pernah menanamnya, Anda perlu mencoba menanam toge di kain flanel. Ya, toge merupakan sayuran sumber protein dan jika Anda dalam masa program hamil maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran ini.

menanam toge di kain flanel
Foto: Google Image

Sebenarnya, cara membuat toge sangat mudah dan berikut akan diuraikan mengenai cara menanam toge dengan kain flanel paling mudah dan murah.

  1. Pemilihan benih

Salah satu tahapan penting dalam menanam toge adalah memilih benih. Memilih benih berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas panen. Benih tanaman toge dapat berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai.

Namun, toge dari biji kacang hijau lebih disukai ketimbang yang berasal dari biji kacang kedelai. Siapkan kurang lebih 1 kilogram biji kacang hijau dan pastikan Anda mendapatkan biji yang benar-benar kering. Pilih biji yang berwarna hijau mengilap, berukuran besar, tidak cacat serta tidak busuk.

Cuci bersih biji kacang hijau dan buang kotoran atau biji yang mengapung. Biji yang mengapung memiliki kualitas jelek. Kemudian, rendam biji kacang hijau di dalam air selama 1×24 jam. Pisahkan dan buang biji kacang hijau yang mengapung dan hanya gunakan biji yang tenggelam.

  1. Persiapan media tanam

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam. Media tanam yang digunakan adalah kain flanel dan juga tambahan kain strimin. Media kain flanel dipilih karena kain flanel memiliki kemampuan yang baik dalam memegang air dan mengontrol air sehingga tanaman tidak akan mengalami kebusukan.

Selain itu, kain flanel juga bisa didapatkan dengan harga yang reltif murah. Anda hanya perlu menyiapkan 2 jenis nampan atau tray. Nampan pertama adalah nampan yang tanpa lubang yang berfungsi untuk menampung air. Sementara, nampan kedua adalah nampan dengan lubang kecil kecil.

Baca Juga:  Asal Petani Pertama Asia Tenggara Diketahui dari Jejak DNA

Potong kain flanel sesuai dengan ukuran nampan atau tray. Potong sebanyak 5 lembar kain flanel dan 3 lembar kain strimin. Basahi kain flanel dan kain strimin. Selain itu, siapkan juga kontainer tertutup yang telah diberi lubang di beberapa bagian.

  1. Menanam biji kacang hijau

Keberhasilan budidaya sangat ditentukan oleh teknik penamanan yang tepat. Kesalahan teknik akan menyebabkan tanaman tidak tumbuh, busuk, bahkan mati. Letakkan nampan yang berlubang di atas nampan yang tidak berlubang dengan cara ditumpuk.

Lapisi bagian bawah nampan berlubang dengan satu lapis kain strimin, lalu letakkan kain flanel yang telah dibasahi di atas kain strimin. Tebarkan biji kacang hijau secara merata di atas kain flanel. Kemudian, tutup lagi dengn kain strimin. Setelah itu, tutupi bagian atas lapisan menggunakan sisa 2 lembar kain flanel. Lapisan tersebut berguna untuk menghindari sinar matahari langsung.

Masukkan wadah media tanam ke kontainer yang tertutup yang telah diberi lubang. Letakkan pada ruangan gelap agar kualitas toge yang dihasilkan berkualitas baik.

loading...
loading...