Menanam Tomat Ceri dalam Pot Itu Mudah


Pertanianku – Tomat merupakan salah satu sayuran yang populer ditanam di pekarangan rumah. Jika tidak memiliki pekarangan, tak perlu cemas karena Anda dapat menanam tomat dalam pot. Salah satu jenis tomat yang populer dan sering ditanam di pot adalah tomat ceri. Tak hanya memiliki bentuk yang mungil, tomat ceri juga lezat jika dikombinasikan dengan salad.

Menanam Tomat Ceri dalam Pot Itu Mudah

Manfaat dan fungsi tomat tidak hanya seputar pelengkap bumbu dapur atau pelezat makanan. Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, manfaat masker tomat untuk wajah juga sangat signifikan hasilnya. Ini karena tomat mengandung likopen yang berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan kulit akibat sinar ultraviolet dari matahari.

Berikut panduan menanam tomat ceri dalam pot.

  1. Sebelum memulai menanam tomat ceri dalam pot, letakkan pot tanaman tomat ceri di lokasi yang terkena cahaya matahari tetapi terlindung dari angin kencang. Ini karena angin kencang dapat merusak dan merontokkan daun, mematahkan batang, menghancurkan bunga, dan merontokkan buah. Tomat ceri tumbuh paling baik pada suhu 21,1–26,6 derajat Celcius.
  2. Buat “kandang tomat” di sekitar tanaman tomat yang masih muda. Kandang tomat bisa dibuat dari kawat dan harus memiliki ruang yang cukup antarkawat untuk tangan Anda. Menumbuhkan tomat ceri di pot yang diberi kandang memungkinkan tanaman untuk tumbuh secara alami tanpa harus dipangkas. Selain itu, kandang juga dapat menghindarkan tanaman dari predator seperti siput.
  3. Siram tomat ceri setiap kali tanah terlihat mulai mengering. Tuangkan air di atas tanah hingga air mengalir keluar dari bagian bawah pot. Dengan cara ini bukan daun yang dibasahi, melainkan tanah yang mendapatkan tambahan air. Daun yang basah dalam jangka waktu lama dapat memicu busuk daun dan tanaman lebih mudah terpapar penyakit. Jika cuaca kering dan panas, tanaman mungkin perlu disiram setiap hari.
  4. Beri pupuk yang larut dalam air sesegera mungkin setelah tanaman ditempatkan di dalam pot. Campur 2 sendok makan pupuk 5–10–5 ke dalam tiga liter air. Tuangkan campuran pupuk di tanah di sekitar tanaman. Beri pupuk lagi ketika tomat pertama kali muncul, kemudian dua minggu setelah tomat pertama matang, dan satu bulan setelahnya.
  5. Panen tomat ceri ketika sudah matang dan kulit masih terasa kencang.
Baca Juga:  Ribuan Hektar Sawah di DIY Terdampak Bencana Siklon Tropis
loading...
loading...