Menangkal Diabetes dengan Dandang Gendis


Pertanianku – Dandang gendis merupakan tanaman herbal, mespikun tidak begitu popiler dibandingkan tanaman herba lainnya. Namun, beberapa penelitian justru mengungkap peluang tanaman ini sebagai herba yang berpotensial menormalkan kadar gula dalam darah. Tanaman obat ini biasa tumbuh di daerah tropis.

Menangkal Diabetes dengan Dandang Gendis

Sebelum pengolahan, dandang gendis harus dijadikan ekstrak terlebih dahulu. Secara umum, dandang gendis tidak dapat diolah sendiri, harus dicampur dengan bahan herba lainnya. Setelah diekstrak dengan cara dikeringkan, dandang gendis dapat dicampur dengan meniran. Manfaatnya sebagai ramuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman ini biasa dicampur dengan meniran karena keduanya memiliki manfaat yang sama, yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya, kedua bahan ini direbus bersamaan, lalu ditambahkan sedikit madu agar terasa manis.

Sebagai ramuan yang berkhasiat mengontrol gula darah, dandang gendis dapat dimanfaatkan tanpa campuran apapun. Biasanya dibuat ekstrak dengan cara dikeringkan untuk dijadikan teh. Namun, kita harus tahu cara memanfaatkan daun dadang gendis sebagai ramuan herbal terutama jika direbus. Usahakan daun saat direbus dalam keadaan layu caranya petik daun di pagi hari, setelah itu, sorenya baru diolah.

Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu
loading...
loading...