Mencangkok Tanaman Akan Lebih Mudah dengan Cara ini!

Pertanianku – Teknik mencangkok tanaman merupakan bagian dari proses bercocok tanam. Saat ini berbagai teknik guna memperbanyak tanaman kerap dilakukan. Perbanyakan tanaman dapat dibagi dua yaitu generatif dan vegetatif. Untuk perbanyakan vegetatif sendiri yang populer adalah teknik mencangkok. Salah satu cara mencangkok tanaman dengan teknik floral foam mulai diterapkan banyak pembudidaya tanaman. Teknik ini hampir sama dengan mencangkok dengan teknik konvensional lainnya, perbedaannya hanya terletak pada media pencangkokannya saja. Berikut cara mencangkok tanaman dengan teknik floral foam.

Mencangkok Tanaman Akan Lebih Mudah dengan Cara ini!

Alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan untuk mencngkok tanaman.

  1. Floral Foam/Busa keras (busa bekas yang sering digunakan untuk merangkai bunga)
    2. Pisau (stainless)
    3. B1 Liquinox/larutan perangsang akar dan anti stress.
    4. Plastik atau Anda dapat menggunakan plastik es.
    5. Rooting Agent (ZPT untuk merangsang pertumbuhan akar: CLonex, Rootone-F, Root-Up).
    6. Jepit pakaian dan tali.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih batang tanaman yang akan Anda cangkok, disarankan untuk memilih batang yang tua. Carilah batang yang tegak (membentuk 45 derajat). Lalu kerat batang tanaman sepanjang lebar jari sekitar 1,5–2 cm dan buang kulit batang serta kerik dengan pisau tajam dengan posisi tegak lurus batang sampai kambiumnya hilang.

Langkah selanjutnya potong floral foam dengan ukuran sekitar 2 cm lebih besar dari diameter batang dan panjang sepanjang sayatan cangkok. Campurkan larutan B1 Liquinox sebanyak 5ml dengan 1 liter air, lalu rendam floral foam. Oles ZPT hormon pada batang yang telah dikeratkan dan diamkan selama 10 menit sampai sedikit mengering. Belah Floral menjadi 2 bagian yang sama besar dan letakkan pada bagian yang dicangkok sampai keratan tertutup semua.

Baca Juga:  Sederet Manfaat Tandan Kosong Kelapa Sawit

Selanjutnya bungkus dengan plastik dan jepit bagian atas agar tidak lepas kemudian ikat bagian bawah plastik dengan tali dan lalu baru ikat bagian atasnya. Apabila floral foam kering, suntik dengan larutan liquinox dan air. Jika akar sudah mulai muncul berarti cangkokan siap dipotong dan dibuka plastik penutupnya. Sebelum ditanam, rendam cangkokan pada larutan liquinox yang diencerkan dalam air dengan komposisi yang sama.