Mencegah Bulu Kucing Menggumpal

0

Pertanianku – Kebiasaan kucing yang tidak bisa dihindari adalah menjilati bulubulunya sendiri atau grooming. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bulu-bulunya dari kotoran. Namun, kebiasaan grooming itu bisa menjadi masalah untuk kucing berbulu panjang (long hair), seperti kucing persia. Saat menjilati bulunya,kemungkinan bulu-bulu yang tertelan semakin banyak.

Mencegah Bulu Kucing Menggumpal

Setelah tertelan dan masuk ke dalam perut maka bulu-bulu akan menggumpal. Hal inilah yang disebut hair ball (bola rambut). Apakah ini bisa dihindari? Menghindari 100% memang sulit. Namun, kita bisa meminimalkan dengan cara seperti berikut.

  • Gunakan pasta khusus untuk mencegah hair ball. Anda dapat membelinya di toko hewan kesayangan Anda.
  • Jika Anda tidak sanggup membeli pasta, mungkin sesekali Anda bisa memberikan margarine pada makanannya.

Apakah kucing persia Anda mengalami hair ball? Amati perilakukucing Anda. Ciri-ciri kucing yang menderita hair ball adalah sering mengalami batuk, sulit bernapas, dan muntah. Jika bulu-bulu sudah terlanjur menggumpal di pencernaan kucing, berikut ini beberapa cara untuk mengobatinya.

  • Sediakanlah rumput karena secara alami kucing akan memakannya untuk memuntahkan hair ball.
  • Jika tetap tidak bisa karena hair ball sudah menjadi besar maka Anda harus membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk dioperasi.

 

Sumber: Buku 242 Tips Merawat Binatang Kesayangan

 

loading...
loading...