Mencegah dan Mengatasi Heat Stress pada Ayam Petelur

Pertanianku – Pada ayam dewasa memiliki waktu 5 hari untuk menyesuaikan diri dengan perubahan temperature yang tinggi. Sebegian besar ayam mudah mengalami perubahan temperature yang tinggi dalam tubuhnya. Pada hari pertama terjadinya peningkatan temperatur yang tinggi setelah cuaca dingin, sering terjadinya peningkatan insiden karena Heat Stress. Oleh karena itulah, sangat diperlukan adanya perhatian dan perlakuan yang baik terhadap ayam saat memasuki musim kemarau, agar ayam tidak mengalami stress yang berlebihan saat secara tiba-tiba terjadi peningkatan temperatur tinggi dalam lingkungan kandang.

Mencegah dan Mengatasi Heat Stress pada Ayam Petelur

Oleh karena itu Heat Stress sangat berkaitan dengan tingginya peningkatan temperatur di luar dan di dalam kandang serta dampak yang akan ditimbulkan, berikut beberapa upaya dapat dilakukan oleh peternak untuk mencegah terjadinya Heat Stress.

Loading...
  1. Kandang yang akan dibangun pastikan dapat berfungsi dengan baik untuk mencegah ayam dari pengaruh cuaca panas, yaitu dengan: memiliki desain kandang dan lokasi yang tepat, memiliki “Insulasi” (penyekatan) kandang yang baik, memiliki jarak antar kandang yang ideal, memiliki system ventilasi yang memadai.
  2. Pada saat musim kemarau, bila kepadatan ayam dalam kandang cukup tinggi, akan mengakibatkan efisiensi pembuangan panas tubuh ayam berkurang lebih dari 40%. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinua Heat Stress dan kematian mendadak pada ayam.
  3. Panas dapat dikeluarkan dari dalam kandang dengan meningkatkan ventilasi dan dapat dikurangi dengan memasang “insulator” pada atap dan dinding yang memadai untuk meredam panas dari luar kandang. Pada musim kemarau melakukan pertukaran udara dengan mengatur kecepatan angina merupakan cara yang efektif untuk mengurangi temperature dalam kandang.
  4. Dapat juga dilakukan fogging menggunakan alat Aerial Fog System untuk menyejukkan udara dalam kandang, melalui sistem pengembunan untuk menurunkan temperature udara dalam kandang dan dapat membantu ayam mengeluarkan suhu panas tubuhnya.
  5. Membatasi pemberian pakan saat puncak musim kemarau, terutama di siang hari, tanpa harus mengurangi jumlah konsumsi pakan secara keseluruhan. Secara alami, kondisi temperature udara yang tinggi dalam kandang, ayam akan cenderung mengurangi konsumsi pakannya.
  6. Berikan vitamin dan nutrisi dalam pakan ayam untuk megurangi Heat Stress. Serta Anda dapat memberikan multivitamin dan asam amino yang dicampurkan pada air minum dan dapat diberikan pada sore hari dan malam hari untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang kurang diperoleh akibat penurunan konsumsi pakan ayam Anda.
  7. Berikan air dingin sekitar 18–20 derajat celcius saat cuaca panas karena dapat membantu mengurangi terjadinya Heat Stress.
Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare
Loading...
Loading...