Mencegah Penyakit Berak Darah pada Ayam

Pertanianku — Salah satu penyakit yang disebabkan oleh sanitasi kandang yang buruk adalah sakit berak darah atau koksidiosis. Penyakit yang disebabkan oleh kelalaian ini dapat langsung merugikan peternak. Ini karena jumlah ayam akan berkurang banyak. Ayam yang terjangkit sakit ini kemungkinan akan mati.

Ayam kampung

Penyakit koksidiosis bisa menimpa peternakan ayam yang sudah memasuki umur 3—9 minggu. Anda harus meningkatkan pengawasan kandang lebih intens agar ayam tidak terkena penyakit berak darah. Jika litter dalam kandang sudah terlihat basah, segera ganti karena kotoran ayam yang encer bisa menjadi gejala penyakit koksidiosis.

Penyakit ini lebih rentan menyerang ayam yang masih muda karena sistem imun ayam belum terlalu kuat ketika bersentuhan dengan protozoa. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa yang menyerang saluran pencernaan dan mengakibatkan timbulnya infeksi. Kotoran cair yang dikeluarkan oleh ayam yang sakit dapat membantu perkembangan oosit. Koksidiosis bertambah parah saat ayam menelan berjuta-juta oosit yang berkembang biak di dalam kandang.

Loading...

Penularan penyakit ini melalui ooksita yang hidup berkembang biak di dalam kandang dan masuk ke dalam tubuh ayam yang lain. Penanganan kandang yang kurang baik juga dapat menularkan penyakit ini kepada manusia.

Sakit berak darah ini lebih banyak dijumpai pada musim hujan pada saat keadaan kandangan menjadi lebih lembap. Kondisi tersebut mampu mendorong pertumbuhan protozoa menjadi lebih banyak. Sementara, pada musim kemarau pada saat tingkat kelembapan rendah, protozoa akan mati pada kondisi suhu lingkungan sebsar 37°C. Pada suhu kering dengan tingkat kelembapan rendah, oosit yang dikeluarkan dari kotoran akan mati dalam waktu tiga hari.

Tentu saja pengendalian penyakit ini harus dilakukan dengan sanitasi kandang yang baik. Ayam yang sudah terlihat mengeluarkan kotoran cair harus segera diobati secara intensif dan berkala hingga ayam sembuh. Litter kandang ayam dibongkar total untuk mencegah sedini mungkin dan mengurangi bau yang ada dalam litter.

Anda juga harus memerhatikan kondisi ayam di kandang setiap saat agar bisa mengidentifikasi penyakit sedini mungkin. Ayam yang terkena berak darah biasanya akan menepi dan malas makan, kepala menunduk ngantuk, dan pial terlihat pucat berwarna keputihan. Segera ambil tindakan dengan mencekok obat.

Baca Juga:  Aneka Jenis Tempat Pakan Ayam
Loading...
Loading...