Mencermati Kualitas Dogfood


PertaniankuDi kemasan dogfood biasanya terdapat tulisan yang menjelaskan isi dan kualitasnya. Ada yang bertuliskan premium atau super premium. Beberapa produk di pasaran yang tidak terkenal bertuliskan super premium padahal dogfood dengan merek terkenal tidak menuliskan kata premium atau super premium pada kemasannya. Untuk mengetahui dogfood tersebut termasuk kualitas grocery (biasa), premium, atau super premium biasanyadengan melihat bahan-bahan baku yang digunakan untuk membuat dogfood tersebut.

Mencermati Kualitas Dogfood

  • Grocery Quality

Biasanya, dog food yang berkualitas grocery tidak akan menulis kata Grocery pada kemasannya. Grocery dogfood berarti dogfood dengan kualitas biasa yang banyak dijual di supermarket atau minimarket. Dogfood berkualitas grocery kebanyakan memakai bahan dasar utama dari beras, sereal, jagung, dan kedelai. Bahan baku protein diambil dari telur, tepung tulang, darah hewan, dan produk samping (byproduct) dari hewan lainnya seperti usus, hati, dan jeroan lain. Produk pada kualitas ini biasanya memakai bahan pengawet kimia dan bahan perasa kimia.

  • Premium Quality

Dogfood dengan kualitas premium memakai bahan dasar utama dari daging hewan dan produk sampingannya ( product), seperti daging ayam, daging sapi, daging unggas (burung, bebek, dan unggas lainnya), ikan, telur dan sebagainya. Untuk bahan dasar karbohidrat memakai jagung dan kedelai, selain beras Dogfood kualitas premium kebanyakan tidak menggunakan zat perasa kimia. Untuk menggantikan zat perasa kimia digunakan perasa dari produk alami, seperti keju kering dan tepung telur. Kandungan vitamin dan mineral sudah mencukupi kebutuhan nutrisi seekor anjing sehingga tidak diperlukan makanan tambahan lain. Bahan pengawet yang digunakan memakai lemak hewan, vitamin C, dan vitamin E. Di Indonesia, beberapa produsen atau importir dogfood menetapkan peraturan untuk menjual produk ini hanya di petshop atau di klinik hewan saja.

  • Super Premium Quality

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dogfood dengan kualitas super premium menggunakan bahan makanan yang memiliki standarisasi kesehatan dankualitas yang sama digunakan oleh manusia (human grade). Contohnya daging ayam hanya digunakan daging dari dada saja (chicken breast) yang kandungan lemaknya paling sedikit. Produk sampingan, seperti tulang, jeroan, darah, bulu, dan sebagainya tidak digunakan dalam produk ini. Bahanbahan lainnya yang dapat memicu alergi seperti jagung dan kedelai juga tidak digunakan. Untuk sumber karbohidrat diambil dari beras putih, beras merah, sereal (oat meal). Ada yang menggunakan bahan baku holistik atau organik. Artinya produk tersebut dihasilkan dengan tidak menggunakan bahan-bahan kimia, seperti hormon atau pestisida. Ada juga yang hanya menggunakan produk masih segar seperti daging yang tidak dibekukan untuk menjaga kualitas rasa dan kandungan nutrisinya.

Beberapa merek dogfood berkualitas super premium tidak menggunakan bahan pengawet. Sebagai pengganti dari bahan pengawet digunakan kemasan (packing) berkualitas tinggi, seperti alumunium foil. Sedangkan dogfood super premium yang memakai bahan pengawet menggunakan bahan pengawet alami, seperti rosemarry extract, lemak hewan, vitamin Esther C, dan vitamin E.

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...