Menciptakan Lingkungan Aman Untuk Kucing di Rumah


Pertanianku   Sebelum kucing tiba di rumah, pastikan lingkungan rumah dalam keadaan aman. Kucing adalah hewan yang selalu ingin tahu. Oleh karena itu, perhatikan semua kondisi sudah aman terkendali sehingga tidak ada yang bisa membahayakan kucing, terutama kitten. Berikut beberapa hal tersebut.

Tips Memilih Kucing

  1. Jendela dan Pintu

Kucing biasanya butuh waktu sekitar seminggu untuk dapat memahami seisi rumah. Biasanya kucing mengikuti pemiliknya jika pertama kali ditinggal pergi. Jika hendak bepergian dan meninggalkan kucing sendirian di rumah, sebaiknya pastikan semua jendela dan pintu tertutup dengan rapat. Jika memungkinkan, buatkan pintu kecil seukuran tubuh kucing agar kucing mudah jika hendak keluar rumah. Hal ini penting terutama untuk kucing yang tidak suka dikurung sendirian di rumah.

  1. Listrik, Stop Kontak, dan Kabel

Jauhkan kucing dari daerah listrik dan kabel yang bisa membahayakannya. Salah satu penyebabnya adalah rasa ingin tahu yang tinggi, kucing bisa saja menganggap kabel listrik seperti tali mainan. Untuk meminimalisasi bahaya tersengat listrik, semua kabel sebaiknya ditutup dengan penutup kabel. Hal ini penting diperhatikan agar kucing terhindar dari bahaya.

  1. Bahan yang Beracun

Kucing selalu ingin menjelajah dan menginvestigasi apa pun yang ada di sekitarnya. Padahal, rumah selalu diisi dengan berbagai bahan, baik yang sifatnya menyehatkan maupun yang beracun. Bahan yang beracun bisa saja membunuh kucing. Beberapa kandungan bahan aktif yang beracun untuk kucing, yaitu asetaminophen/parasetamol, sejenis asam (acid), alkohol, antifreeze, aspirin atau ibuprofen, klorin, bahan pembersih, pupuk, petrol dan minyak diesel, insektisida, bensin, cat, obat-obatan, bahan pelarut (tinner, remover karat, dan remover bercak) serta racun tikus. Oleh karena itu, tetap waspada dan jauhkan kucing dari bahan-bahan tersebut. Kucing yang terlanjur memakannya secara tidak sengaja akan menimbulkan reaksi keracunan, gangguan pernapasan, hingga kematian. Banyak juga racun yang menyebabkan kucing diare/mencret. Jika terjadi keracunan, langkah yang dapat dilakukan adalah segera beri 2—3 sendok makan sirup ipecac. Jika tidak ada, campurkan air dengan garam yang banyak sehingga menjadi salted water. Jika sudah memuntahkan racunnya, berikan air minum atau susu dalam jumlah yang banyak.

  1. Tanaman yang Mematikan

Setiap rumah biasanya memiliki berbagai jenis tanaman. Namun, ada beberapa tanaman bersifat racun bagi kucing, seperti ivy, philodendron, azalea, tanaman kacang-kacangan, dieffenbachia, hydrangea, lily, jamur, oleander, poinsettia, daun kentang, tembakau, daun tomat, kenari, dan pohon cemara. Untuk menghindari kucing memakannya, tanaman beracun ini sebaiknya diletakkan di luar rumah dan dijauhkan dari tempat yang bisa dijangkau oleh kucing.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Kucing

loading...
loading...