Mendag Antisipasi Lonjakan Harga Daging Sapi Jelang Ramadan


Pertanianku – Beberapa bulan mendekati Ramadan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag) Enggartiasto Lukita terus memantau dan memastikan harga bahan pokok saat Ramadan dan Idul Fitri 2017 mendatang tetap stabil. Untuk merealisasikannya, pemerintah telah melakukan beberapa persiapan sebagai upaya menjaga stok barang dan menjaga kestabilan harga bahan pangan.

Untuk harga daging yang setiap tahun mengalami kenaikan, pemerintah akan menyiapkan stok daging kerbau sebagai antisipasi.

“Daging kerbau standby,” kata Enggar usai rapat terbatas persiapan menghadapi Idul Fitri, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, belum lama ini seperti melansir Kompas (3/4).

Enggar mengatakan, daging kerbau itu akan didatangkan dari India. Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan akan ada impor daging kerbau sebesar 40.000 ton. “Darimana lagi kalau bukan dari India. Kerbau lokal kita potong keras banget,” lanjut Mendag.

Sementara itu, untuk bahan pokok lainnya, Enggar meyakini tidak ada masalah. Ia justru meyakini harga komoditas seperti beras dan gula akan mengalami penurunan.

Dalam rapat terbatas hari ini, Jokowi mengingatkan agar jangan ada lagi kenaikan harga bahan pokok seperti tahun lalu.

“Presiden menekankan harga-harga yang pada waktu itu mengalami lonjakan yang begitu tinggi harus dikontrol, yang berkaitan beras, daging minyak curah, cabai dan sebagainya,” papar Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga:  Diduga Terkontaminasi Salmonela, Lebih dari 200 Juta Telur Ditarik AS
loading...
loading...