Mendag Imbau Harga Gula di Tingkat Distributor Rp12.500/kg


Pertanianku – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar harga jual gula dibanderol Rp12.500/kg.

Mendag Imbau Harga Gula di Tingkat Distributor Rp12.500/kg

Enggar menuturkan, saat ini harga gula sudah mengalami penurunan, dengan harga eceran tertinggi sebesar Rp12.500/kg. Bahkan, harga tersebut sudah berlaku di beberapa daerah.

“Hanya ada beberapa daerah yang mulai turun dan ada beberapa yang masih mempertahankan dengan bandelnya,” kata Enggar, seperti dilansir DetikFinance (12/10).

Enggar memastikan, untuk seluruh Indonesia harga gula sudah berada di bawah Rp15.000/kg. Bahkan, pihaknya telah melakukan kesepakatan dengan distributor terakit harga gula.

“Kami sudah bersepakat dengan para distributor meminta untuk mau konsumen membeli dengan Rp12.500. Sehingga ini akan bisa tercapai kesepakatan,” tutur Enggar.

Lebih lanjut Enggar mengungkapkan, pemerintah bersama para pelaku industri dan juga distributor tengah menjalin kesepakatan mengenai harga jual gula. Menurut Enggar, kesepakatan harga gula ini akan menjaga kesejahteraan para petani tebu.

“Ini jangan ada kekhawatiran kita menekan harga dan petani tebu dirugikan. Tidak. Petani tebu dijaga dan harga konsumen juga dijaga,” tandasnya.

Baca Juga:  Terungkap Alasan Tidak Adanya Brokoli dalam Kemasan Kaleng
loading...
loading...