Mendag Targetkan Harga Bawang Putih Rp38.000 per Kg


Pertanianku – Menjelang Ramadan beberapa harga komoditas bahan pangan mengalami kenaikan. Untuk itu, pemerintah akan berupaya untuk menstabilkan harga bahan pangan dengan berbagai upaya. Salah satu bahan pangan yang melonjak, yakni bawang putih. Saat ini pemerintah tengah menargetkan harga bawang putih akan turun secara bertahap mulai pekan ini menjadi Rp38.000 per kilogram (kg).

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito menyatakan pihaknya telah membuat kesepakatan dengan para importir untuk bersama-sama mendorong agar harga turun.

“Importir sudah berkomitmen untuk menjual bawang putih dengan harga akhir tidak boleh di atas Rp38.000 per kilogram,” kata Enggar, usai melakukan pertemuan dengan sejumlah importir bawang putih di kantornya, beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia Pieko Njotosetiadi turut angkat suara, ia mengatakan, mulai pekan depan importir akan mendatangkan 100 kontainer bawang putih dari Cina dan India secara bertahap. Tiap kontainer berisi 29 ton bawang putih.

Ia memastikan masuknya bawang putih tersebut akan menurunkan harga di pasaran secara signifikan. Sebab, menurut Pieko, harga bawang putih di pasar internasional saat ini sudah jauh turun karena Cina telah memasuki masa panen.

​Pieko memaparkan, ada dua jenis bawang putih impor yang akan didatangkan, yakni bawang putih segar dan bawang putih yang sudah dikeringkan. Harga bawang putih segar yang baru dipanen Rp23.000 per kg, jauh lebih murah dibanding harga bawang putih yang telah melalui proses pengeringan, yakni Rp38.000 per kg.

“Bawang putih itu setelah dipanen dikeringkan untuk mengurangi kadar airnya. Kalau tidak dia akan berjamur,” ucap Pieko, seperti mengutip Republika (12/5).

Saat ini, 95 persen kebutuhan bawang putih nasional masih dipenuhi oleh barang impor. Dirjen Hortikultura Spudnik Sujono mengatakan, produksi bawang putih lokal hanya 20 ribu ton per tahun. Sementara impor yang masuk hampir 500 ribu ton per tahun.

Baca Juga:  Kementan Tanam Bawang Putih di Tiga Lokasi Secara Serempak
loading...
loading...