Mendapatkan Bibit Lengkeng Unggul


Pertanianku – Untuk mendapatkan bibit lengkeng unggul kini tersedia banyak di pasaran. Hobiis atau pembudidaya bisa membeli di pekebun atau pembibit tanaman buah yang tersebar di berbagai wilayah. Namun demikian, dalam membeli bibit lengkeng, apalagi jenis unggul, tidak membeli di sembarang tempat. Pastikan penyedia bibit lengkeng tersebut sudah berpengalaman dan terpercaya.

MENDAPATKAN BIBIT LENGKENG UNGGUL

Selain itu, perhatikan juga mengenai jenis tersebut cocok di tanam di daerah mana. Hal ini penting karena akan menentukan tanaman tersebut dapat berbuah dengan baik jika sesuai dengan ketinggian tempat tumbuhnya. Saat membeli dan memilih bibit lengkeng unggul sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut.

  1. Sebaiknya bibit berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti okulasi atau sambung. Hal ini dimaksudkan agar bibit tersebut berbuah dengan karakteristik yang sama dengan induknya.
  2. Bibit lengkeng yang dipilih harus sesuai dengan iklim di daerah setempat. Sebagai contoh, tidak membeli bibit lengkeng yang cocok di dataran tinggi untuk ditanam di daerah dataran rendah karena akan sulit berbuah.
  3. Asal-usul bibit harus jelas. Untuk itu, tempat pembelian dan perolehan bibit harus jelas. Sangat dianjurkan untuk membeli bibit di tempat penangkar atau penyedia bibit yang terpercaya.
  4. Bibit telah cukup umur, seperti telah memiliki minimal enam helai daun. Hal ini dimaksudkan agar tidak menunggu lama untuk membuahkannya, apalagi harus menunggu sampai tahunan.
  5. Bibit bebas dari serangan hama dan penyakit yang diperlihatkan dari tampilan batang dan daun yang sehat.
  6. Pertumbuhannya normal serta batangnya tegak.\

 

Sumber: Buku Lengkeng merah dan jenis unggul lainnya

Baca Juga:  Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan
loading...
loading...