Pertanianku — Bobot sapi ternak menjadi informasi penting yang harus diketahui oleh peternak. Pasalnya, bobot dapat mencerminkan kondisi perkembangan sapi sekaligus kesehatannya. Perkembangan bobot harus rutin didata untuk memantau tumbuh kembang sapi. Kini, menduga bobot sapi menjadi lebih mudah dengan aplikasi Si BoBa yang berbasis Android.

bobot sapi
foto: Pertanianku

Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan stakeholder dalam menduga bobot ternak, terutama stakeholder yang sulit memiliki timbangan digital. Melansir dari laman peternakan.litbang.pertanian.go.id, sistem informasi pendugaan bobot badan sapi potong berbasis Android atau Si BoBa memiliki keunggulan karena metode perhitungannya tidak menyebabkan stres pada ternak (stres dapat diminimalisir) dan mudah digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengefisiensikan tenaga, waktu, dan biaya. Dengan begitu, peternak tidak akan lagi merasa kesulitan untuk mencatat perkembangan bobot ternak setiap harinya.

Tingkat akurasi aplikasi penduga bobot ternak ini mencapai 93,86 persen sehingga kesalahannya tergolong kecil hanya 6,14 persen.

Saat ini Si BoBa masih terus dikembangkan menjadi versi 2.0 yang berbasis Android. Aplikasi menggunakan kamera gawai yang sudah terintegrasi dengan sensor. Sistem ini akan merekam bentuk badan sapi tampak samping dan belakang. Rekaman tersebut diterjemahkan sebagai panjang badan dan lingkar dada.

Artinya, pengguna bisa menaksir bobot hanya dengan mengambil gambar sapi, lalu gambar tersebut akan diterjemahkan oleh sistem untuk menduga bobot.

Aplikasi sudah bisa diunduh di Google Play Store dengan kata kunci Si BoBa Sapi. Setelah terpasang, Anda hanya tinggal melakukan registrasi dengan email untuk memperoleh semua fitur yang berada di dalamnya.

User dapat menyimpan data bobot badan ternak yang secara otomatis akan terlihat pertambahan bobot badan harian, umur ternak terkini, grafik bobot badan sapi, serta riwayat perkembangan bobot sapi.

Selain itu, aplikasi Si BoBa juga menyediakan menu untuk mencari informasi stakeholder dengan kategori Instansi Pemerintah, Pasar Ternak, Peternak, dan Agen Ternak. Dengan begitu, pengguna aplikasi bisa mendapatkan info lokasi mengenai stakeholder.