Menelisik Penyebab Pertumbuhan Tanaman Tomat yang Tidak Seragam

Pertanianku Pertumbuhan tanaman tomat dapat menjadi pertanda kondisi tanaman. Pada proses budidaya kerap ditemui pertumbuhan tanaman tomat yang tidak seragam. Hal ini harus segera Anda waspadai karena bisa mengganggu produktivitas tanaman. Produktivitas yang rendah menyebabkan hasil pendapatan yang didapatkan petani juga menjadi rendah.

pertumbuhan tanaman tomat
foto: pertanianku

Selain itu, pertumbuhan tanaman yang tidak seragam juga bisa menyebabkan serangan hama dan penyakit menjadi lebih sulit dikendalikan. Akibatnya, kerugian bisa menjadi lebih parah.

Ada banyak penyebab pertumbuhan tanaman menjadi tidak seragam. Yang perlu Anda lakukan adalah terus memantau perkembangan tanaman dan segera mencari tahu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab ketidakseragaman tanaman, Anda dapat langsung memperbaiki penyebab tersebut sehingga risiko kerugian dapat diminimalisir. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab pertumbuhan tanaman tomat yang tidak seragam.

Kedalaman tanaman

Ketidakseragaman dapat disebabkan oleh kedalaman tanaman dan kandungan lengas tanah tidak seragam. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menambahkan bahan organik ketika melakukan pengolahan lahan.

Drainase tidak berfungsi optimal

Kondisi drainase yang tidak berfungsi optimal harus ssegera diperbaiki. Anda perlu membuat saluran drainase di sekeliling lahan, terlebih lagi pada musim hujan ketika intensitas hujan sedang tinggi. Sistem drainase yang baik dapat mencegah lahan tergenang air. Pasalnya, genangan air juga bisa memancing munculnya serangan hama dan penyakit.

Kesuburan tanah

Tanaman tomat dapat tumbuh tidak seragam karena tingkat kesuburan tanah yang rendah sehingga tanaman tidak mendapatkan cukup nutrisi. Kondisi kesuburan yang rendah bisa Anda atasi dengan menambahkan bahan organik atau anorganik. Kekurangan nutrisi tidak hanya membuat pertumbuhan tanaman menjadi terhambat, tetapi juga bisa menyebabkan tanaman lebih rentan terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu, kondisi ini harus segera dicegah.

Baca Juga:  Tips Membuat Tanaman Srikaya Rajin Berbuah

Varietas tidak sesuai

Varietas yang ditanam harus disesuaikan dengan kondisi lahan yang Anda miliki. Penggunaan varietas yang tidak sesuai dengan ketinggian tempat bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak optimal. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu mengecek spesifikasi varietas, apakah varietas tersebut untuk dataran rendah, medium, atau tinggi.