Menentukan Jenis Usaha Budi Daya yang Tepat

Pertanianku -Pilihan terhadap usaha yang akan digeluti harus tepat. Ketepatan dalam memilih jenis usaha biasanya dilakukan dengan perencanaan yang baik, melakukan uji coba terhadap jenis kegiatan budi daya, dan selalu belajar termasuk dengan para pembudidaya yang telah berhasil. Ada dua jenis usaha budi daya yang dapat diusahakan, yaitu usaha pembenihan dan usaha pembesaran.

Menentukan Jenis Usaha Budi Daya

A. Usaha pembenihan

Di antara kegiatan budi daya ikan yang cukup sulit adalah pembenihan. Hal ini disebabkan ada perlakuan unsur kebiasaan dari induk ikan pada waktu melakukan pemijahan atau perkawinan dan perawatan larva yang sangat rawan terhadap lingkungan yang buruk. Selain itu, perlu keterampilan tersendiri dalam pemijahan beberapa ikan dengan bantuan hormon.

Untuk menjadi pembenih yang ulung tentu harus menguasai teknis pembenihan untuk jenis komoditas tertentu karena beda komoditas akan berbeda pula cara membenihkannya. Agar dapat menguasai pembenihan yang baik, harus memahami beberapa tahapan dalam pembenihan seperti berikut.

  • Memilih induk.
  • Jenis pemijahan (alami atau buatan).
  • Teknik pemijahan.
  • Teknik memelihara benih.

 

B. Usaha pembesaran

Usaha pembesaran dilakukan untuk usaha budi daya yang tidak memijahkan sendiri. Pembesaran dilakukan untk membesarkan benih menjadi ukuran yang lebih besar lagi atau ukuran konsumsi. Budi daya dapat berlangsung dengan baik jika kebutuhan benih dapat terpenuhi. Kelangkaan suplai benih akan sangat mengganggu jalannya usaha pembudidayaan.

 

Sumber: Buku Bisnis ikan konsumsi di lahan sempit

 

Baca Juga:  Langkah Mudah Mempersiapkan Kolam Pijah Ikan Gurami

loading...