Menentukan Lokasi Usaha Budidaya Ikan Lele


Pertanianku – Pemilihan lokasi untuk budidaya ikan lele sangat terkait dengan lahan. Lahan adalah tanah yang akan digunakan untuk membangun fasilitas produksi. Untuk menetapkan sebidang tanah sebagai lahan usaha, harus didasarkan pada beberapa pertimbangan pokok, yaitu syarat lahan, luas lahan, dan jenis tanah. Pertimbangan lainnya adalah izin usaha dan pola hidup masyarakat setempat.

Menentukan Lokasi Usaha Budi Daya Lele

Memilih lahan yang akan digunakan tidak hanya melihat dari harganya yang murah, tetapi harus disesuaikan dengan persyaratan hidup lele terutama jika wadah pemeliharaan yang dipakai adalah kolam tanah. Pemilihan lahan yang sesuai akan mendorong diterapkannya cara budi daya ikan yang baik. Selain itu, proses produksi juga dapat berjalan lancar sehingga produksi bisa mencapai hasil yang maksimal. Namun, untuk kolam terpal atau kolam Tembok, penentuan jenis tanah tidak diperlukan karena pemeliharaan lele tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis tanah adalah kemampuan dalam menahan air. Tanah yang baik adalah tanah yang tidak porous dan mampu menampung air sehingga air kolam tidak sering diganti atau mengalir terus-menerus. Penggantian air yang terus-menerus atau tidak terserapnya air oleh tanah menyebabkan terbuangnya pupuk yang diberikan dan kolam tidak subur karena pakan alami yang dibutuhkan oleh ikan tidak tumbuh. Cara mudah mengetahui jenis tanah dilakukan dengan cara menggenggam tanah yang akan diperiksa. Tanah liat dicirikan dengan tanah mudah dibentuk, tidak pecah, dan tidak melekat di tangan.

Jika memilih kolam tanah, jenis tanah perlu diperhatikan dan perlu diketahui sebelum dijadikan sebagai lahan usaha. Hal ini karena jenis tanah harus memenuhi persyaratan, baik kemampuan dalam menampung massa air kolam maupun kesuburannya. Kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap biaya operasional, seperti ketersediaan pakan dan produktivitas kolam. Tidak semua jenis tanah dapat digunakan sebagai lahan kegiatan pembesaran lele karena tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan air kolam. Kolam yang subur akan mudah menumbuhkan pakan alami yang dibutuhkan oleh ikan.

Baca Juga:  Ingin Untung? Coba Budidaya Udang Air Tawar di Akuarium

Sumber: Buku Panen Lele Secara Intensif