Menentukan Umur Kambing dari Kondisi Gigi

Pertanianku Umur kambing adalah informasi penting ketika konsumen ingin membeli kambing. Biasanya, konsumen akan bertanya, apakah kambing sudah pupak atau belum. Pupak merupakan kondisi gigi kambing yang sudah mengalami pergantian dari seri susu menjadi seri permanen.

umur kambing
foto: Pertanianku

Umumnya, kambing sudah mengalami pupak minimal saat berumur 1,5 tahun. Jika gigi seri susu masih utuh, kambing tersebut belum pupak dan umurnya masih di bawah satu tahun. Terkadang, kambing yang terlihat besar belum mengalami pupak. Itu sebabnya pupak menjadi salah satu patokan yang sering digunakan untuk menentukan umur kambing.

Sebenarnya, penentuan umur yang paling tepat dilakukan dengan melihat catatan kelahiran kambing. Namun, saat ini masih banyak peternak tradisional yang tidak melakukan pencatatan sejak kambing lahir. Oleh karena itu, metode penentuan umur kambing melalui kondisi gigi kambing cukup sering digunakan. Metode ini sudah lama digunakan dan dibuktikan kebenarannya.

Namun, metode ini perlu dipelajari dan dipraktikkan terlebih dahulu hingga Anda bisa menentukan umur kambing dengan benar. Jika Anda pemula, sebaiknya pintalah bantuan orang berpengalaman saat ingin membeli kambing agar tidak salah dalam menerka umur ternak.

Susunan gigi seri permanen pada kambing yang sudah dewasa adalah sepasang gigi seri sentral, sepasang gigi seri lateral, sepasang gigi seri intermedal, sepasang gigi seri sudut pada rahang bawah, tiga premolar, dan tiga gigi molar.

Pendugaan umur kambing dengan memerhatikan kondisi gigi seri susu dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Kambing yang sudah memiliki sepasang gigi seri susu sentral diperkirakan berumur 1—7 hari.
  • Setelah memiliki sepasang gigi seri susu lateral, kambing berumur 1—2 minggu.
  • Setelah memiliki sepasang gigi seri susu intermedial, kambing berumur 2—3 minggu.
  • Setelah memiliki sepasang gigi susu sudut, kambing berumur 3—4 minggu.
  • Sepasang gigi susu sentral akan digantikan dengan sepasang gigi seri permanen sentral ketika kambing berumur 1—1,5 tahun.
  • Sepasang gigi susu lateral akan digantikan oleh sepasang gigi seri permanen lateral ketika kambing berumur 1,5—2,5 tahun.
  • Sepasang gigi susu intermedial akan digantikan oleh sepasang gigi seri permanen intermedial ketika kambing berumur 2,5—3,5 tahun.
Baca Juga:  Brucellosis, Penyakit Keguguran Sapi yang Menular