Menentukan Wadah atau Pot Sayuran Yang Baik

Pertanianku – Ada banyak tersedia pilihan wadah untuk penanaman sayuran di pot. Bahan pot setidaknya terdiri atas plastik atau fiber, keramik, semen, kayu, dan seng. Perbedaan bahan pembuat pot relatif tidak terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sayuran. Pot atau polibag bisa dibeli di toko penyedia saprotan. Secara praktis dan kreatif bisa juga memanfaatkan wadah bekas pakai, seperti ember bekas, baskom, keranjang plastik, kaleng cet, karung, atau bambu, atau pipa paralon.

Penentuan Wadah

 

Loading...

Bentuk wadah yang akan digunakan sebagai tempat tumbuhnya tanaman sebaiknya disesuaikan dengan sistem penanaman. Apakah sayuran akan ditanam secara tunggal (satu tanaman satu pot) atau koloni (beberapa tanaman dalam satu wadah atau pot). Dalam penanaman koloni, satu pot bisa ditanam satu jenis sayuran dengan beberapa tanaman atau beberapa jenis tanaman sayur yang berbeda. Namun, jenis sayuran yang ditanam memiliki perakaran pendek.

Penanaman sayuran dalam pot dapat digunakan sebagai hiasan di pekarangan untuk menghemat lahan. Keuntungan lainnya bertanam sayuran dalam wadah adalah tidak perlu mengatur drainase, cukup dengan memberi lubang di bagian bawah wadah dan alas wadah agar dasarnya tidak menyentuh tanah. Tujuannya supaya air tidak terlalu lama berdiam di media dalam pot (cepat mengalir keluar).

 

Sumber: Buku Paduan Praktis Bertanam Sayur di Pekarangan

 

 

Baca Juga:  Balitbangtan Mengembangkan Varietas Kacang Tanah Tahan Penyakit
Loading...
Loading...