Menganal Arwana Golden


Arwana golden

Pertanianku – Varietas arwana golden ini digolongkan menjadi dua, yaitu  cross back dan cross back golden. Berikut penjelasannya:

1. Cross back

Cross back banyak dijumpai di berbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah, dan Johor. Oleh karena itu, arwana golden ini sering dijulukan berdasarkan tempat asalnya, seperti golden pahang, golden bukit merah blue, dan malaysian gold. Disebut sebagai cross back karena varietas ini akan memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya pada saat ikan tersebut dewasa.

Arwana golden tergolong jarang sehingga harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan varietas lainnya. Bahkan, boleh dikatakan ikan ini adalah varietas dengan harga paling tinggi.

2. Cross back golden (CBG)

Berdasarkan warna dasar sisik, CBG dapat dikelompokkan manjadi empat, yaitu purple-based (warna dasar ungu), blue-based (warna dasar biru), goldbased (warna dasar emas), dan silverbased (warna dasar perak). Arwana gold dengan warna dasar emas diketahui dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan dengan varietas lain.

 

Sumber: Buku Arwana

loading...
loading...