Mengapa Anjing Bisa Menjadi Teman Manusia?


Pertanianku – Selama ini anjing dianggap sebagai binatang peliharaan pilihan. Sebagian besar hobiis memelihara anjing dengan alasan bisa diajak bersenang-senang bersama. Namun, ternyata masih banyak hal lain yang membuat anjing sangat cocok menjadi teman manusia. Anjing dapat menyelamatkan manusia dalam berbagai situasi dan dapat bekerja sebagai anjing penjaga. Begitu banyak hal yang bisa dilakukan anjing untuk manusia. Tak heran bila anjing adalah hewan yang begituistimewa. Anjing merupakan man’s best friend.

Mengapa Anjing Menjadi Teman Manusia

1)Persahabatan

Sebagai balas budi terhadap makanan, tempat tinggal, dan kasih sayang yang diberikan, anjing akan memberikan cinta tanpa syarat dan kesetiaan pada pemiliknya. Memiliki anjing yang ceria dan sehat dapat membuat hidup Anda terasa lebih berharga. Anda akan lebih berkesempatan untuk mempunyai teman baru saat membawanya berjalan kaki atau saat mengikutkannyadalam pelatihan. Selain itu, memiliki anjing juga membuat Anda merasa beruntungkarena dapat membantu orang lain merasa santai sehingga mempercepatpenyembuhan dari sakit serta membuatnyalebih waspada dan lebih bersemangat menjalani hidup.

2)Olahraga dan Kegembiraan

Mengajak anjing berjalan kaki tidakhanya sangat penting untuk kesehatannya, tetapi baik untuk kesehatan pemiliknya. Anda hanya memerlukan sekitar 20 menituntuk jalan cepat bersama anjing. TubuhAnda akan lebih sehat, terutama kesehatanjantung tetap dalam kondisi prima. Bermain dan melatih anjing juga akan sangat menyenangkan serta membuat Anda dan anjing lebih sehat dan lincah.

3)Kasih Sayang

Anjing sangat menyukai kasih sayang yang diberikan pemiliknya. Hal ini tentu saja membuatnya istimewa untuk Anda, cinta dan kesetiaan pun ada pada urutan pertama dari yang diharapkan pemilik tentang karakteristik anjingnya. Secara alamiah anjing tumbuh sebagai makhluk yang suka bersosialisasi dengan kelompoknya. Tak heran bila anjing sangat suka membuat pemiliknya merasa senang.

Cara anjing menunjukkan kasih sayang merupakan balasannya terhadap apa yangAnda berikan padanya. Anjing merasa Anda telah membuatnya dapat bertahan hidup dengan rasa nyaman.

4)Rasa Aman dan Kemandirian

Bagi Anda yang tinggal sendirian, keberadaan anjing dapat memberikan rasa percaya diri. Untuk menjaga agar anjing tetap sehat, Anda tentunya perlumengorganisasikan hidup Anda pada tingkat  yang lebih tinggi. Sebagai hasilnya Anda pun akan bisa hidup lebih tertib. Anjing juga bisa menjadi “sistem peringatan’”. Anjing begitu waspada dan siaga untuk memperingatkanpemiliknya terhadap apa pun yang bisa mencelakainya, seperti kebakaran. Anjing juga terkenal sebagai penyelamat manusia dalam berbagai situasi yang berbahaya. Hal ini karena anjing dianugerahi insting yang tajam. Anjing dapat menolong tuna rungu atau tuna netra. Oleh karena kelebihannya, anjing dapat memberi bantuan yang tidak ternilai harganya. Anjing dapat dilatih sebagai pemandu orang yang lemah serta cacat, baik untuk di dalam maupun di luar rumah.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

loading...
loading...