Mengapa Benih Ikan Harus Berukuran Seragam?

Pertanianku — Pasti Anda sering kali melihat kata seragam pada tips dan trik dalam memilih benih ikan. Ukuran yang seragam memang menjadi salah satu indikator bahwa benih tersebut baik untuk digunakan. Seragam di sini bermakna berukuran sama. Jadi, ukuran benih yang akan ditebar sama, tidak ada yang besar dan kecil.

benih ikan
foto: pertanianku

Jika benih yang ditebar tidak berukuran seragam, dikhawatirkan akan menimbulkan persaingan antarbenih. Memang sudah menjadi hukum alam, benih berukuran besar akan lebih kuat dibandingkan benih kecil. Akibatnya, benih berukuran kecil akan selalu kalah dalam hal mendapatkan makanan dan ruang gerak.

Kompetisi antarbenih yang berbeda ukuran bisa menimbulkan dampak buruk. Padahal, kompetisi tersebut sangat bisa dihindari dengan menggunakan benih berukuran seragam.

Loading...

Ruang gerak sangat penting bagi ikan. Jika benih ikan berukuran seragam, semua ikan akan mendapatkan ruang gerak yang sama. Jika tidak seragam, benih berukuran lebih besar akan lebih berpotensi mendapatkan ruang gerak lebih besar. Dengan begitu, benih berukuran kecil akan tersisih.

Kompetisi ruang gerak juga berhubungan dengan oksigen. Oksigen merupakan bagian penting dari kehidupan ikan untuk melakukan respirasi. Tentu saja ikan yang besar akan mendapatkan oksigen lebih banyak karena ruang geraknya lebih besar. Sementara itu, ikan yang kecil akan mendapatkan oksigen lebih sedikit. Ikan yang mengalami kekurangan oksigen bisa mati.

Kendala lain yang bisa ditimbulkan adalah kompetisi perebutan pakan. Padahal, pakan merupakan salah satu bagian penting dari pertumbuhan ikan.

Ukuran benih yang tidak seragam juga berpotensi menimbulkan sifat kanibalisme ikan. Ikan yang besar bisa menyerang ikan kecil. Akibatnya, jumlah kematian benih akan meningkat dan menyebabkan kerugian. Ikan besar memang tidak akan langsung memakan ikan kecil, hanya saja gigitan dari ikan besar bisa menyebabkan luka yang sulit disembuhkan.

Baca Juga:  Ikan Terubuk Asal Riau, Ikan Konsumsi Primadona Indonesia

Oleh karena itu, sangat penting menggunakan benih berukuran seragam. Memang, kendala akan selalu ada dalam bidang usaha apa pun, termasuk bidang usaha perikanan. Namun, kemungkinan kendala tersebut bisa diperkecil dengan menggunakan benih berukuran seragam.

 

 

 

 

Loading...
Loading...