Mengapa harus memilih beras organik?


Pertanianku – Pasar beras saat ini tengah dibanjiri oleh permintaan beras organic atau yang lebih dikenal dengan sebutan beras sehat. Sejatinya beras tersebut dihasilkan dari budi daya padi secara organik alias SRI (system of rice intensification). Permintaan beras organik yang kian meningkat selama tiga tahun terakhir membuat banyak petani berlomba-lomba menerapkan budi daya secara SRI organik untuk dapat menghasilkan beras sehat.

beras sri

Konsumsi makanan organik seakan tengah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir ini. Masyarakat mulai beralih membeli produk-produk organik tentu sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kesehatan pribadi dan anggota keluarganya. Tak hanya untuk buah dan sayuran, beras yang dihasilkan dari pertanaman padi secara organik pun kini mulai banyak dicari konsumen. Alasannya karena beras organik tidak hanya memiliki kualitas rasa yang enak, melainkan juga menyehatkan. Bahkan, sebagian konsumen beras organik pun telah membuktikan bahwa sejak beralih ke beras organik, mereka berserta anggota keluarganya jarang sakit. Apalagi, jenis beras organik terbilang mempunyai Indeks glikemik yang rendah. Artinya, beras organik sangat direkomendasikan bagi para penderita diabetes. Kuantitas konsumsi beras pun lebih hemat. Jika mengonsumsi beras anorganik, biasanya sampai 25 kg per bulan untuk empat orang, saat ini cukup 15 kg per bulan.

Pada prinsipnya, beras organik merupakan hasil pertanian ramah lingkungan menggunakan system of rice intensification (SRI). Selain menekan biaya produksi, budi daya padi dengan SRI organik pun terbukti meningkatkan produksi hingga dua kali lipat, yaitu dari 4—5 ton/ha menjadi 8—12 ton/ha. Dengan begitu, keuntungannya juga akan berlipat ganda. Apalagi, harga jual rata-rata beras organik terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa pada umumnya.

Baca Juga:  Cabai Bhut Jolokia Pedasnya Tahan Hingga 12 Jam

Alasan kesehatan telah menjadikan hasil pertanian ramah lingkungan ini semakin diminati. Melihat permintaan beras organik yang cukup tinggi dapat disimpulkan bahwa prospek pengembangannya akan sangat bagus. Apalagi, pelakunya masih sedikit, sedangkan konsumsi beras organik terus meningkat. Dengan kata lain, peluang bisnis beras organik pun masih terbuka lebar

loading...
loading...