Mengapa KIta Harus Melakukan Sortasi Lele Tepat Waktu?

Pertanianku – Pertumbuhan benih lele tidak seragam. Ada yang tumbuh lebih cepat, tetapi sebagian lagi tumbuh lambat. Akibatnya, benih pun tidak seragam ukurannya. Oleh karena itu, benih harus disortir agar dapat diperoleh ukuran yang seragam. Selain itu, sortir juga berguna untuk memisahkan benih yang sakit atau cacat.

Lakukan Sortasi Lele Tepat Waktu

Kegiatan penyortiran menjadi sangat penting dilakukan pada benih. Jika tidak, tingkat penyusutan benih cukup tinggi. Pengalaman sejumlah peternak menyebutkan bahwa susut benih bisa mencapai 30%. Hal itu terjadi karena benih tidak tumbuh seragam. Ada yang cepat tumbuh, tetapi ada pula yang lambat. Biasanya jumlah benih yang pertumbuhannya super cepat tersebut bisa mencapai 10% dari total benih. Benih inilah yang bisa menjadi hama bagi benih lain yang masih kecil karena adanya sifat kanibalisme. Bagi pembenih pemula, kegiatan sortir ini perlu diperhatikan dengan baik. Kegagalan yang kerap dialami jika salah dalam melakukan sortir adalah benih banyak yang luka, bahkan akibatnya mati setelah disortir.

Oleh karena kondisi benih yang masih kecil (untuk sortir pertama) maka perlakuan saat sortir harus hati-hati. Gunakan serokan yang jaringnya halus/lembut sehingga benih yang diserok di kolam tidak terlalu stres. Setelah itu, tampung benih dalam wadah baskom sambil menyortir menggunakan bak sortir sesuai ukuran benih. Selanjutnya, benih dipelihara di kolam yang berbeda sesuai ukurannya.

 

Sumber: Buku Belajar Dari Kegagalan Bisnis Lele

 

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Terlihat Menjijikkan Tapi Keuntungannya Menggiurkan

loading...