Mengapa Kucing Membutuhkan Kandang?

Pertanianku — Kucing membutuhkan tempat untuk tidur dan beristirahat yang nyaman. Selain itu, hewan peliharaan yang menggemaskan ini membutuhkan area untuk beraktivitas yang tidak akan membahayakannya. Banyak pemelihara yang memberikan kandang kucing untuk menjaga keselamatan hewan peliharaannya.

kandang kuncing
foto: pixabay

Namun, ada juga sebagian pemelihara yang tidak memberikan kandang untuk kucingnya. Sebenarnya, kandang itu perlu diberikan atau tidak?

Bagi sebagian orang, kandang bersifat penting dan harus diberikan. Namun, ada juga yang hanya memberikannya pada saat kondisi-kondisi tertentu. Berikut ini beberapa alasan mengapa kandang dibutuhkan.

Loading...

Memantau aktivitas

Kandang dapat memudahkan pemelihara untuk memantau seluruh aktivitas hewan peliharaannya dari luar. Seluruh aktivitas seperti makan, minum, kawin, melahirkan, bahkan hingga menyusui anaknya. Jika kucing dipelihara dengan cara diumbar, pemilik akan kesulitan untuk memantau seluruh aktivitas.

Kandang dibutuhkan untuk membuat jadwal aktivitas kucing menjadi lebih teratur. Hal ini sangat diperlukan untuk pemilik yang sudah memiliki kucing lebih dari satu atau yang ingin mengawinkan kucingnya.

Menghindari kejadian yang tidak diinginkan

Ketika Anda ingin keluar rumah sesaat, kucing sebaiknya dimasukkan ke kandang untuk menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan. Pasalnya, kucing tidak mengetahui mana yang bahaya dan tidak. Mengandangkan kucing menjadi langkah yang tepat untuk menghindari rasa cemas selama Anda pergi ke luar rumah meninggalkan kucing.

Namun, jangan jadikan kandang sebagai penjara sehingga hewan peliharaan merasa terkungkung. Jadikan kandang sebagai rumah yang nyaman dengan memerhatikan keselamatan dan kenyamanan kucing selama berada di dalam kandang.

Menjaga dari serangan hewan lain

Kucing seperti hewan lainnya yang bisa bertarung dengan hewan lain atau bahkan dengan sesama kucing. Kandang berguna untuk mencegah kucing tersebut diserang oleh hewan dan menyebabkan kucing sakit atau mati.

Baca Juga:  Ini Alasannya Penyu Harus Diselamatkan

Meskipun Anda perlu menyiapkan kandang untuk kucing, Anda juga tetap harus mengajaknya bermain di luar, terutama untuk anak kucing. Namun, hindari sinar matahari terik yang berlebihan dan terpaan air hujan secara langsung ataupun tidak langsung.

Anda juga harus memastikan sirkulasi udara dan cahaya di dalam kandang sudah cukup baik dan memadai.

Loading...
Loading...