Mengatasi Kutu Putih pada Tanaman Tomat Secara Alami

Pertanianku— Mungkin Anda sering menemukan kutu putih menyerang beberapa tanaman. Faktanya, hama yang diduga berasal dari Asia ini memang memiliki banyak inang. Imago dan nimfa hama akan mengisap cairan di dalam daun sehingga menyebabkan bercak nekrotik pada daun karena sel-sel dan jaringan daun rusak.

kutu putih
foto: Pertanianku

Selain membuat bercak nekrotik pada daun, hama juga menghasilkan ekskresi berupa madu yang menjadi media tumbuh embun jelaga berwarna hitam. Apabila seluruh permukaan daun sudah tertutup oleh embun jelaga, proses fotosintesis akan berlangsung tidak normal.

Ada bahaya lain yang perlu Anda waspadai dari kutu putih, yaitu serangan penyakit yang disebabkan oleh virus. Pasalnya, kutu juga menjadi vektor virus yang dapat menyebabkan tanaman kehilangan hasil sekitar 20—100 persen.

Hama kutu putih bisa Anda tangani dengan pestisida nabati. Dengan begitu, Anda tetap bisa menghasilkan tomat organik yang jauh lebih sehat dan lingkungan di sekitar tanaman tetap terjaga dengan baik.

Salah satu ramuan pestisida organik yang bisa Anda gunakan adalah ekstrak daun mimba. Ekstrak mimba merupakan pestisida nabati yang mengandung azadiractin yang berfungsi sebagai penghambat daya reproduksi, perkawinan, komunikasi seksual, dan menghambat pembentukan kitin. Selain itu, ekstrak mimba juga mengandung meliantirol dan solanin berbentuk tepung dari daun atau cairan minyak yang berasal dari biji atau buah.

Mimba terbukti efektif menghilangkan nafsu makan serangga (antifeedant) dan mencegah serangga mendekati tanaman (repellent). Pestisida ini juga bersifat sistemik. Selain itu, mimba juga bisa membuat hama menjadi mandul karena terjadi gangguan produksi hormon dan pertumbuhan tanaman.

Ekstrak mimba cukup mudah dibuat. Anda hanya membutuhkan 3 kg daun mimba dan 3 liter air, kemudian hancurkan bahan dengan blender. Setelah itu, saring untuk memisahkan ekstrak dengan ampasnya. Selanjutnya, tambahkan 1 gram deterjen ke dalam ekstrak.

Baca Juga:  Resep Es Bungsu yang Super Menyegarkan

Senyawa azadirachtin di dalam ekstrak mimba tidak bisa langsung bekerja untuk mematikan serangga. Senyawa tersebut akan membuat hama menolak makan karena rasanya pahit. Setelah itu, senyawa akan mengganggu reproduksi dan pertumbuhan serangga.

Sementara itu, senyawa nimbin bekerja sebagai antivirus, solanin bekerja untuk menghambat makan serangga, dan meliantirol bekerja untuk menolak serangga. Oleh karena itu, penggunaan pestisida nabati memang tidak akan membuat serangga mati. Pestisida ini bekerja secara perlahan hingga hama pergi meninggalkan tanaman atau mati.