Mengatasi Masalah Pertumbuhan Pohon Buah Naga yang Kerap Dialami Petani

Pertanianku — Ragam masalah bisa Anda temui pada saat berkebun, termasuk masalah pertumbuhan pohon buah naga. Anda harus melakukan perawatan yang benar dan teratur sesuai anjuran. Pasalnya, pohon yang terawat saja masih memiliki kemungkinan terkena masalah, apalagi pohon yang tumbuh tidak terawat.

pohon buah naga
foto: pertanianku

Tujuan dari berkebun pohon naga adalah mendapatkan hasil panen yang bisa dinikmati atau dijual untuk menghasilkan keuntungan. Saat menanam buah naga, Anda harus mengetahui dengan jelas karakteristik pohon. Sejak awal penanaman hingga tanaman berusia 50 hari, pohon buah naga sering mengalami beberapa masalah. Anda bisa melakukan penanganan yang tepat guna mencegah masalah pertumbuhan pohon buah naga menjadi lebih rumit.

Pangkal batang berlubang

Loading...

Ada beberapa tanaman pohon naga yang masih hidup, tetapi memiliki pangkal berlubang atau busuk rata dan hanya tersisa pada bagian batang berkayu atau berkambium sehingga batang nampan bergeripis. Permasalahan tersebut bisa saja akibat serangan hama dan penyakit. Sebaiknya, langsung dibumbun atau diberikan fungisida untuk mencegah penyakit semakin melebar.

Cabang yang tumbuh salah bentuk

Sebagian orang yang memelihara buah naga dengan alasan bentuknya yang indah. Namun, jika Anda salah dalam melakukan perawatan, cabang yang tumbuh akan salah bentuk dan mengakibatkan pengikatan yang terlambat. Hal tersebut bisa diatasi dengan memperbaiki arah pertumbuhan cabang.

Satu tunas yang tumbuh

Petani kerap menemui beberapa tunas yang tumbuh. Anda harus memangkas salah satu tunas untuk mempercepat pembuahan dan tidak terjadi persaingan perebutan nutrisi. Sebelum dipangkas, Anda harus melakukan seleksi cabang untuk memilih cabang yang terbaik. Tunas yang dipilih harus kekar dan sehat dengan tingkat pertumbuhan yang cepat.

Batang tanaman keriput

Terkadang petani kerap menemui batang tanaman yang keriput, padahal air sudah cukup tetapi tetap saja pucuknya keriput. Hal tersebut bisa disebabkan drainase media tanam buruk sehingga harus dibenahi. Jika tidak segera diatasi, dapat menimbulkan pembusukan batang yang dimulai dari pangkal batang.

Baca Juga:  Dulang Miliaran Rupiah dari Menanam Pisang di Sawah

Bentuk tanaman mengecil dan tidak normal

Pohon naga bisa tumbuh dengan salah bentuk atau berukuran kecil tidak seperti pohon naga pada umumnya. Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh kekurangan unsur hara dalam media tanam. Anda harus menambahkan pupuk sebelum tanaman diairi.

 

 

 

 

Loading...
Loading...