Mengatasi Penyakit Tanaman Tomat, Begini Caranya!


Pertanianku — Salah satu kendala dalam budidaya tomat adalah serangan hama dan penyakit. Beberapa penyakit tanaman tomat yang paling sering adalah busuk daun, busuk buah, bulai, dan layu fusarium. Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit tanaman tomat tersebut?

mengatasi penyakit tanaman tomat
Foto: Pixabay

Selain yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak penyakit lainnya yang bisa menyerang tanaman tomat Anda. Untuk itu, mari kenali satu per satu penyakit tanaman tomat dan bagaimana cara mengatasinya.

  1. Penyakit busuk daun

Busuk daun merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kalangan petani karena mampu menurunkan produksi tanaman tomat secara drastis. Penyebab utama busuk daun tanaman tomat dan yang paling sering adalah karena infeksi cendawan Phytopthora Infestans.

Cendawan ini akan menimbulkan bercak kecokelatan pada area daun, kemudian akan membuat sekitarnya menjadi kuning dan akhirnya membusuk. Jika tak segera ditangani, penyakit busuk daun dapat mematikan tanaman tomat.

Cara mengatasi busuk daun pada tanaman tomat ialah dengan menggunakan fungisida kontak berbahan aktif mancozeb yang disemprotkan 2—4 hari berturut-turut. Lalu, disambung fungisida sistemik berbahan aktif metalaksil untuk pengobatan dari dalam. Agar tidak terjadi serangan terlalu parah, sebelum terjadi serangan, sebaiknya Anda melakukan langkah pencegahan.

  1. Penyakit busuk buah

Penyakit busuk buah pada tanaman bisa disebabkan oleh tiga hama, yakni serangga, jamur, dan bakteri patogen. Untuk mengatasi penyakit tanaman tomat karena serangga, Anda harus menggunakan insektisida sistemik ataupun kontak. Jika Anda sudah menemukan gejala serangan, Anda harus segera melakukan penyemprotan insektisida kontak dan sistemik.

Sementara itu, hama jamur patogen penyebab busuk buah pada tomat adalah antraknosa. Cara mengatasinya, dengan menanam benih unggul yang toleran antraknosa serta menentukan tanggal tanam tomat agar panen buah tidak jatuh di musim penghujan.

  1. Layu fusarium
Baca Juga:  Cara Paling Mudah Budidaya Semangka Tanpa Biji

Layu fusarium merupakan penyakit yang paling sulit diatasi jika sudah terjadi serangannya. Belum ada fungisida kontak ataupun sistemik yang efektif untuk mengatasi serangan layu fusarium yang sudah terjadi pada tanaman.

Pencegahan merupakan langkah paling efektif hingga saat ini, yakni dengan menerapkan aplikasi trichoderma pada pupuk dasar bedengan serta melakukan pengocoran trichoderma dengan rutin.

  1. Bulai daun (gemini)

Tidak hanya tanaman cabai dan jagung yang mudah terserang bulai daun, tanaman tomat juga berpotensi terserang bulai daun. Gejalanya mirip sekali dengan bulai daun pada cabai. Untuk mencegahnya, sebaiknya Anda menanam varietas tomat yang tahan virus gemini. Sementara, untuk mengobati tanaman yang sudah bulai, gunakan bahan aktif hidroksibenzoat.