Mengatasi Permasalahan Buah Rontok Akibat Lalat Buah Pada Pohon Cabai

Pertanianku — Permasalahan buah rontok sering kali ditemui oleh para petani cabai pada musim hujan. Pasalnya, buah yang rontok bisa berlaku dalam jumlah yang banyak. Seluruh tindakan prosedur pertanian sebenarnya sudah dilakukan dengan benar, tetapi permasalahan ini tetap saja menghampiri para petani.

buah rontok
foto: pertanianku

Penyebab buah rontok pada pohon cabai terjadi karena berbagai macam faktor. Biasanya disebabkan oleh serangan penyakit phytiphthora, kekurangan unsur hara mikro, dan serangan hama lalat buah (Bactrocera dorsalis).

Jika buah cabai Anda yang rontok dan dibuka buahnya terdapat warna hitam di bagian dalamnya dan terdapat ulat kecil, bisa jadi penyebab rontok pohon cabai akibat serangan lalat buah.

Loading...

Lalat buah betina akan meletakkan telur di dalam buah cabai segar dengan cara menusukkan stylet ke buah cabai. Selanjutnya, telur-telur yang berada di dalam buah akan menetas dan menjadi larva berupa ulat kecil. Ulat-ulat yang terdapat di dalam buah akan memakan buah dari dalam serta mengakibatkan buah menjadi busuk dan pada akhirnya menjadi rontok.

Pengendalian dari serangan lalat buah tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini ulasannya.

Pemasangan perangkap

Anda bisa menggunakan botol bekas air mineral sebagai perangkap yang diletakkan dengan posisi tidur. Di dalam botol diletakkan kapas yang sudah diberikan sex ferromon berupa larutan methyl eugenol yang sudah dicampurkan dengan insektisida. Bau birahi yang dihasilkan dari larutan methyl euganol akan mengundang masuk lalat jantan ke botol dan karena sudah dicampur dengan insektisida akhirnya membuat lalat mati.

Lalat jantan yang mati akan membuat banyak lalat betina yang tidak dibuahi sehingga populasi lalat akan menurun. Methyl euganol dan insektisida yang digunakan bisa Anda dapatkan di kios-kios insektisida atau toko pertanian.

Baca Juga:  Komponen Utama Akuaponik yang Harus Dimiliki

Sanitasi lingkungan

Buah cabai yang sudah busuk dan berserakan di sekitar tanaman harus segera dibersihkan karena larva tersebut akan berubah menjadi pupa yang pada akhirnya akan menjadi lalat baru. Oleh karena itu, penting untuk Anda memutus rantai kehidupan lalat agar populasinya menurun.

Penyemprotan insektisida

Anda dapat menekan jumlah lalat buah dengan menyemprotkan insektisida yang tepat. Waktu penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat embun masih menempel di dedaunan dan lalat masih belum sempat terbang.

Loading...
Loading...