Mengatasi Scabies pada Kambing Secara Alami

Pertanianku— Scabies adalah penyakit kulit pada kambing yang dapat menular dan bersifat zoonosis atau dapat menular pada manusia. Penyakit scabies menyebabkan rasa gatal yang cukup mengganggu sehingga menyebabkan kambing stres. Penyakit scabies kambing disebabkan oleh tungau Sacroptes scabiei.

scabies kambing
foto: Pertanianku

Kambing yang sudah terjangkit scabies akan mengalami rasa gatal yang cukup parah di bagian tubuh, mengalami kerontokan bulu, kulit terasa jadi lebih kasar, banyak koreng, ternak terlihat gelisah, dan nafsu makan menurun sehingga berat badannya menyusut.

Anda wajib waspada dengan penyakit scabies karena jika dibiarkan akan menyebabkan kematian pada kambing. Sementara itu, perkembangan penyakit dapat terjadi dengan cepat.

Penyakit scabies dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kandang dan ternak kambing serta rajin memberikan obat antiparasit dan melakukan pemeriksaan rutin.

Jika kambing sudah terjangkit penyakit scabies, Anda harus segera menempatkan kambing tersebut di kandang isolasi agar penyakit tidak menular ke ternak-ternak yang lain.

Penyakit scabies dapat diobati secara alami dengan menggunakan daun gamal. Pengobatan secara alami sudah tentu lebih aman untuk ternak. Selain itu, bahan yang dibutuhkan lebih mudah didapatkan. Cara pembuatan ramuan obat herbal dari daun gamal juga terbilang mudah.

Jika di sekitar peternakan terdapat banyak tanaman gamal, obat alami tersebut dapat membantu Anda untuk menghemat biaya produksi.

Obat herbal daun gamal merupakan inovasi yang dihasilkan oleh BB Livet (Balai Besar Penelitian Veteriner). Daun gamal diekstrasi bersama dengan minyak kelapa sehingga menghasilkan ekstrak minyak kelapa daun gamal. Minyak tersebut mampu membunuh tungau penyebab scabies.

Selain membunuh penyebab penyakit scabies, ekstrak minyak tersebut mampu mempercepat pelepasan keropeng sehingga mempercepat kumarin (bahan aktif) untuk membunuh tungau.

Baca Juga:  Kesalahan yang Sering Terjadi pada Penanganan Hewan Kurban

Ekstrak daun gamal terbilang cukup mudah dibuat. Anda memerlukan daun muda yang sudah mendekati tua yang ditandai dengan mudah disobek, mengeluarkan bau menyengat, dan masih terdapat banyak getah.

Blender daun gamal sebanyak 250 gram, lalu tambahkan 500 ml minyak kelapa (50 persen). Setelah itu, panaskan daun hingga mendidih sambil diaduk agar panasnya merata. Setelah mendidih, matikan api dan tunggu hingga suhu ramuan menurun selama satu jam sambil terus diaduk agar tidak ada daun yang mengering.

Selanjutnya, dinginkan dan saring ramuan sambil diperas dengan menggunakan kain tipis seperti kain paris. Hasil ekstraksi daun gamal untuk mengobati scabies sudah siap digunakan.