Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh pehobi yang menanam jambu air madu deli adalah serangan lalat buah yang menyebabkan buah menjadi busuk. Sebenarnya, lalat tersebut tidak memakan buah jambu air tersebut. Hanya saja lalat akan meletakkan telurnya di dalam buah jambu. Setelah telur menetas, akan keluar larva lalat. Larva tersebut akan menggerogoti bagian dalam buah. Akhirnya, buah tersebut tidak bisa dikonsumsi oleh pemilik.

jambu air madu deli
foto: pertanianku

Hama lalat tidak bisa diatasi dengan menggunakan insektisida seperti hama lain. Jika Anda menyemprotkan insektisida, kecil kemungkinan insektisida tersebut terkena lalat. Pasalnya, lalat datang ke pohon jambu bukan untuk makan, melainkan bertelur. Jika dosis insektisida yang digunakan tinggi, justru akan membahayakan pertumbuhan buah dan meninggalkan residu yang berbahaya.

Hama ini bisa diatasi melalui dua cara, yaitu pembungkusan buah dan penggunaan alat perangkap yang bernama petrogenol. Pembudidaya jambu air madu deli dengan skala komersial biasanya melakukan kedua cara tersebut untuk mengatasi serangan hama ini.

Loading...

Pembungkusan buah bisa dilakukan dengan kertas semen atau dengan alat pembungkus buah yang jauh lebih bagus. Pembungkus buah yang bisa Anda gunakan adalah Heigrow yang bisa Anda dapatkan di Toko Trubus.

Pembungkusan buah tidak boleh sampai telat, karena jika telat bisa saja buah tersebut sudah terserang lalat buah meskipun masih terlihat kecil. Biasanya, pembungkusan buah sudah bisa dilakukan sejak jambu berdiameter 2 cm. Pada ukuran tersebut, bunga tanaman sudah mulai rontok dan buah sudah mulai terbentuk. Struktur kulit buah tersebut sudah cukup lunak sehingga disenangi lalat untuk meletakkan telur di dalamnya.

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memasang alat perangkap petrogenol yang menggunakan minyak atsiri. Perangkap tersebut terbuat dari botol plastik dan di dalamnya diletakkan kapas yang diberikan minyak atsiri. Minyak atsiri tersebut bisa memancing kehadiran lalat ke dalam perangkap.

Baca Juga:  Cara Mencegah Serangan Lalat Buah pada Jambu Air Khiojok

Perangkap tersebut dinilai efektif untuk membasmi hama lalat dalam jangka panjang, karena perangkap tersebut bisa memusnahkan populasi lalat. Namun, cara kerja alat perangkap tersebut cukup lambat.

Untuk mengatasi hama lalat buah jambu air madu deli yang lengkap, Anda bisa langsung mendapatkannya di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, dan perlengkapan berkebun lainnya. Pada September ini ada promo menarik untuk pembelian jambu air madu deli di Toko Trubus. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

Loading...
Loading...