Mengatur Kepadatan dan Ventilasi Kandang Pullet

Pertanianku – Kepadatan kandang diatur dengan cara pelebaran sekat pembatas. Pelebaran dimaksudkan untuk mengurangi heat stress, mengurangi persaingan pakan, menjaga kualitas litter, dan mengurangi amoniak di dalam kandang. Keterlambatan pelebaran kandang mengakibatkan rendahnya keseragaman, meningkatnya kanibalisme, dan tingginya tingkat stres sehingga mudah terserang penyakit. Pelebaran sekat pembatas dapat dilakukan 2—3 hari sekali sesuai perkembangan ayam.

Mengatur Kepadatan dan Ventilasi Kandang Pullet

Pengaturan kepadatan kandang harus diiringi dengan pengaturan ventilasi kandang sehingga sirkulasi udara berjalan lancar. Pada kandang open house (terbuka), pengaturan ventilasi dilakukan dengan buka tutup tirai luar kandang. Buka tutup tirai juga harus dilakukan bertahap. Pada pagi hari, tirai kandang dibuka, sedangkan sore hari ditutup kembali.

Loading...

Namun, penutupan tirai tidak boleh penuh menutupi semua dinding kandang, tetapi perlu tetap diberi tempat pertukaran udara dengan cara tetap membuka kurang lebih satu jengkal (20—25 cm) pada bagian atas dinding kandang. Kegiatan buka tutup tirai ini dilakukan kurang lebih sampai ayam berumur 45—50 hari, setelah itu bisa dibuka full satu hari.

Tidak ada aturan baku mengenai lamanya atau jumlah bagian tirai yang harus dibuka. Kegiatan tersebut membutuhkan insting peternak, tentunya dengan melihat kondisi dan pertumbuhan ayam serta faktor lingkungan. Ada kondisi-kondisi tertentu yang menjadi pertimbangan seperti hujan dan arah angin. Contoh, jika angin bertiup dari arah selatan, tirai selatan harus dibuka lebih tinggi dari tirai utara untuk menghindari ayam terkena langsung oleh tiupan angin dan sebaliknya.

Pada kandang closed house (tertutup), ventilasi sepenuhnya diatur oleh berfungsinya blower atau kipas yang dipasang. Oleh karena itu, peran peternak adalah selalu mengontrol alat tersebut untuk memastikan kelancaran kerja alat. Namun, biasanya kandang closed house juga dilengkapi tirai manual untuk antisipasi listrik mati atau tidak berfungsinya genset sehingga jika dalam kondisi darurat tirai bisa segera dibuka.

Baca Juga:  Sistem Penggemukan yang Bisa Diaplikasikan untuk Beternak Sapi Limousin

 

Sumber: Buku Bisnis Pembesaran Pullet

 

Loading...
Loading...