Mengejutkan, Buah-Buahan Lokal ini Berharga Tinggi di Luar Negeri!


Pertanianku – Dari sederet nama buah-buahan lokal yang semakin langka seperti bisbul, jamblang, gowok, sawo kecik, menteng, gandaria, lobi-lobi, dan lainnya, terdapat satu jenis buah lokal yang jika dikembangkan dapat mendatangkan keuntungan. Buah itu adalah saninten atau yang biasa kita kenal sebagai rambutan hutan dengan nama latin Castanea Argentea.

Mengejutkan, Buah-Buahan Lokal ini Berharga Tinggi di Luar Negeri!Menurut Doni Ferysandi, seorang pebisnis bibit tanaman buah langka di Jakarta. Jika dibudidayakan secara luas, saninten dapat mendatangkan nilai ekonomis yang tak kalah menarik dari buah introduksi karena pangsa pasarnya mancanegara. Pohon ini tergolong buah unik karena yang dikonsumsi ialah bijinya bukan daging buahnya. Biji saninten memiliki rasa yang gurih dan fisiknya menyerupai rambutan tetapi memiliki duri yang tajam pada bagian kulit luarnya.

“Di Singapura, biji saninten dapat diolah menjadi camilan yang dikemas secara menarik. Di Eropa saninten sudah menjadi kebutuhan utama, terlebih lagi jika ada perayaan-perayaan tertentu dan harganya pun mahal. Jelas, buah ini memiliki prospek yang lebih baik daripada buah-buahan lokal lainnya,” ucap Doni.

Doni menambahkan, di Indonesia pohon saninten terdapat di kawasan Bogor yang mengarah ke kaki Gunung Gede. Namun, masih berupa tanaman yang tumbuh liar. Saninten masuk dalam kategori tanaman keras seperti mangga dan durian sehingga memerlukan waktu lama untuk masa panen. Untuk dikebunkan berskala luas, lokasi ideal saninten berada di dataran tinggi. “Kalau nggak salah saninten itu berbuah dua tahun sekali, setahun nggak muncul bunga. Tapi sayang kalau mau dikembangkan agak susah dapetin bibitnya,” tutur Doni.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik
loading...
loading...