Mengenal 5 Jenis Ikan Tuna Sirip Biru

Pertanianku — Sebagai salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi, ikan tuna ternyata memiliki banyak jenis. Salah satu yang paling banyak dikonsumsi adalah ikan tuna sirip biru. Ikan tuna ini hidup di perairan dalam di berbagai lautan di dunia, salah satunya di Indonesia.

ikan tuna sirip biru
Foto: pixabay

Ikan tuna sirip biru dikenal juga sebagai thunnus. Kelompok ini sangat populer di dunia sebagai salah satu ikan laut yang banyak dikonsumsi. Berikut ini 5 jenis ikan tuna sirip biru.

Tuna albaroka

Loading...

Albacore tuna merupakan jenis tuna yang paling umum dikemas sebagai tuna kalengan. Warna dagingnya putih dan kadang agak merah muda. Teksturnya lembut dan kaya akan nutrisi omega-3. Panjang tuna albaroka mencapai 1,4 meter dengan berat 60,3 kilogram.

Tuna sirip biru selatan

Dagingnya yang lembut membuat tuna sirip biru selatan banyak dikonsumsi, terutama di Jepang. Ciri utama jenis ikan tuna sirip biru ini adalah punggungnya yang berwarna biru tua hingga hitam. Selain itu, sisi bawahnya berwarna keperakan. Panjang tuna sirip biru selatan mencapai 2,45 meter dengan berat 260 kilogram.

Tuna mata besar

Ikan ini dikenal sebagai bog eye tuna karena bentuk matanya yang besar dan mirip dengan ikan tuna sirip kuning. Ciri utamanya adalah sirip dada yang panjang dan melewati bagian dubur. Anda dapat menemukan ikan ini berada di daerah samudera tropis dan subtropis.

Panjang ikan tuna mata besar mencapai 0,4—2,5 meter dengan bobot hingga 210 kilogram. Ikan ini digemari karena teksturnya yang lembut. Namun, ikan tuna mata besar bukanlah ikan tuna yang biasa dikalengkan.

Tuna sirip biru atlantik

Ikan tuna dari Samudera Atlantik ini merupakan jenis yang terbesar. Panjang tubuhnya dapat mencapai 4,6 meter dengan berat 648 kilogram.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Pembenihan Ikan Lele

Jepang merupakan pasar utama dari tuna sirip biru atlantik. Di sana, ikan ini dikonsumsi mentah. Olahan ikan tuna sirip biru ini antara lain sushi dan sashimi. Selain itu, harga jual jenis ikan tuna ini juga yang tertinggi, bahkan harganya hingga mencapai US$247 ribu.

Tuna sirip biru pasifik

Ikan tuna sirip biru yang satu ini berasal dari Samudera Pasifik terutama di bagian utara. Panjang tubuhnya dapat mencapai 3 meter dengan berat 450 kilogram. Walaupun tidak semahal ikan tuna sirip biru atlantik, harga yang dipatok untuk jenis ikan ini tidak kalah tinggi. Di Jepang, ikan ini biasa diolah menjadi sushi atau sashimi.

Loading...
Loading...