Mengenal 5 Teh Termahal di Dunia

Pertanianku — Pernahkah terlintas di benak Anda teh termahal di dunia? Selama ini, masyarakat Indonesia mengonsumsi dan meyuguhkan minuman teh untuk tamu. Selain itu, teh kerap menjadi minuman pendamping makanan, terutama bila membeli makanan di luar.

teh termahal
Foto: freepik

Budaya minum teh konon berasal dari daratan Cina. Tidak heran bila beberapa jenis teh termahal di dunia ini berasal dari negeri Tiongkok tersebut. Berikut ini 5 jenis teh termahal di dunia yang sebaiknya Anda tahu.

Da Hong Pao Tea

Loading...

Teh ini dibandrol dengan harga US$1,2 juta atau setara dengan Rp15 miliar untuk satu kilogramnya. Teh ini sendiri sudah ada sejak Dinasti Ming.

Ketenaran teh da hong pao ini dimulai dari kejadian saat ibunda raja sakit kritis di masa Dinasti Ming. Diutuslah para prajurit untuk mencari teh hingga daerah Gunung Wu Yi. Kata da hong pao sendiri berarti ‘jubah merah’ yang menjelaskan prajurit berjubah merah yang mencari keberadaan teh yang sangat manjur ini.

Panda Dung Tea

Seperti namanya, teh ini berasal dari kotoran hewan Panda. Jangan salah paham dahulu karena yang dimaksud adalah penggunaan pupuk dari kotoran panda sebagai penyubur tanaman teh. Akibatnya, teh yang dihasilkan merupakan dark tea dengan aroma dan flavor khas dan lezat.

Teh panda dung ini dapat diperoleh dari daerah Pegunungan Szechuan di Cina Utara dengan harga mencapai US$ 70ribu atau Rp932 juta per kilogramnya.

Guanyin tea

Teh termahal di dunia nomor tiga adalah guanyin tea. Teh ini dibanderol dengan harga US$3.000 atau Rp42 juta per kilogram teh. Teh Guanyin pertama kali ditanam di daerah Fujian, Cina. Jenis teh ini sendiri adalah teh oolong, yakni teh yang diolah dengan setengah fermentasi. Keunggulan lainnya adalah teh guanyin dapat diseduh hingga 7 kali.

Baca Juga:  Teknik Menanam Jagung yang Benar dan Mudah Dipraktikkan

Tunas Yellow Gold

Harga teh Tunas Yellow Gold hampir sama dengan teh Guanyin, yakni US$3.000. Keistimewaan teh ini adalah hanya ditanam di satu gunung, dipanen hanya satu hari dalam satu tahun, dan proses pemanenan dilakukan ketika teh dalam keadaan kuncup. Teh ini dipercaya punya banyak manfaat kesehatan.

Taiwanese Insect Poop Tea

Terakhir, ada teh yang dijual dengan harga US$1.000 atau setara dengan Rp14 juta per kilogram. Yang membedakan teh ini dengan teh lainnya adalah Taiwanese Insect Poop tea dipanen dan ditumpuk dengan larva ulat sutera. Sangat unik.

Loading...
Loading...