Mengenal Amoniasi Jerami dan Manfaatnya

Pertanianku — Pernahkah Anda mendengar istilah amoniasi jerami? Amoniasi jerami merupakan cara meningkatkan kandungan nutrien yang ada pada jerami. Jerami sendiri merupakan pakan ternak yang melimpah selama musim kemarau. Namun, jerami tidak memiliki nilai nutrisi yang mencukupi sehingga perlu dilakukan pengolahan lebih lanjut.

amoniasi jerami
Foto: freepik

Jerami merupakan limbah pertanian yang sangat melimpah. Kandungan nutriennya hanya protein kasar sebanyak 4,1 persen. Jika diberikan pada hewan ternak sebagai pakan tunggal, jerami jelas tidak dapat menutrisi hewan ternak dengan baik. Oleh karena itu, amoniasi jerami adalah jawabannya. Amoniasi jerami adalah proses penambahan pada jerami agar ikatan selulosa yang terdapat pada dinding sel tumbuhan terpecah menjadi karbohidrat sederhana.

Jerami mengandung dinding sel hingga 86 persen. Ikatan selulosa yang ada di dinding sel ini hendak dipecah agar lebih mudah dicerna oleh ternak terutama oleh ruminansia. Ikatan lignin selulosa yang ada pada jerami merupakan faktor utama rendahnya daya cerna jerami.

Loading...

Amoniasi jerami ini menggunakan amonia yang bersumber dari urea. Anda dapat menemukan urea dengan mudah di pasaran dan harganya pun terjangkau.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat amoniasi jerami adalah jerami padi, urea, dan air. Urea dalam pakan ternak tidak boleh lebih dari sepertiga dari total protein ekuivalen. Jika dipersenkan, jumlah urea ini hanya boleh 1 persen dari ransum lengkap atau 3 persen dari campuran penguat sumber protein.

Bila Anda melakukan amoniasi urea, ada beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan sekaligus. Pertama, Anda dapat menambah persediaan bahan pakan. Bahan pakan yang tersedia dalam jumlah cukup ini mampu mencukupi kebutuhan pakan ternak sehingga berpeluang meningkatkan populasi ternak.

Kedua, Anda dapat mencegah kekurangan pakan di musim kemarau. Ternak pun tidak kekuarangan pakan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas nutrisinya. Biasanya, ternak di musim kemarau yang tidak diberi pakan dengan baik akan mengalami kekurangan pakan dan menjadi kurus.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Ketiga, amoniasi jerami dapat meningkatkan produktivitas ternak. Daya cerna ternak terhadap pakan menajdi meningkat sehingga pertumbuhannya akan lebih baik.

Terakhir, amoniasi jerami juga bisa mengurangi kerusakan lingkungan akibat pencemaran limbah pertanian. Biasanya, jerami yang ada di sawah diolah dengan cara dibakar. Cara ini memang dapat meningkatkan kesuburan tanah, tetapi juga berpotensi menimbulkan polusi.

Loading...
Loading...