Mengenal Anatomi dari Daun Durian

Pertanianku – Inilah Nutrisi Yang Terkandung dalam Sebongkah Durian Nama durian berasal dari istilah melayu duri karena buah ini memiliki ciri khas kulitnya dipenuhi dengan duri yang tajam, walaupun akhir-akhir ini ditemukan juga yang tidak berduri. Siapa sangka, ternyata durian masih satu famili dengan pohon kapuk (Bombacaceae). Salah satu karakter khas durian yang diturunkan dari karakter famili kapuk-kapukan, yaitu jatuh dan pecahnya kulit buah yang sudah matang dari pohonnya.

daun durian

Daun durian merupakan daun tunggal yang tersusun berselang-seling pada sisi kiri dan kanan ranting. Ciri khas daun durian adalah pada daun muda yang menyatu antara sisi kiri dan kanan membentuk setengah daun. Daun durian umumnya berbentuk lonjong. Ukurannya bervariasi mulai dari panjang 9—11 cm dan lebar 2—3 cm hingga yang besar mencapai panjang 17—20 cm dan lebar 4—5 cm. Pada beberapa spesies seperti Durio kutejensis (Lai) dan D. grandiflorus (durian hantu), panjang daunnya bisa mencapai 40—50 cm dan lebar 15—20 cm.

Loading...

Umumnya daun durian berwarna hijau pada permukaan atas dan cokelat muda/krem pada permukaan bawah. Pada spesies D. grandiflorus dan D. oxleyanus kedua permukaannya berwarna hijau dengan intensitas warna lebih rendah pada permukaan bawah.

 

Sumber: Buku Durian Agriflo

Baca Juga:  Apakah Tabulampot Jambu Air Madu Deli Bisa Dipindahkan ke Lahan?
Loading...
Loading...