Mengenal Andaliman, Rempah Khas Batak

Pertanianku — Sudah pernahkah Anda mengenal nama andaliman? Andaliman adalah salah satu rempah khas Indonesia, lho. Andaliman sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu khas untuk beragam masakan Asia.

Andaliman adalah
Foto: instagram andaliman88

Andaliman juga dikenal di berbagai daerah Asia lainnya. Di Cina, andaliman dikenal sebagai huajiao. Kata ini berarti lada bunga. Dalam bahasa Jepang, andaliman disebut sebagai shanso. Sementara di Korea, andaliman disebut sanchonamu atau chopinamu.

Tak hanya dikenal di Asia, andaliman juga sudah dikenal hingga negara-negara barat. Dalam bahasa Inggris, andaliman disebut sebagai sichuan pepper. Meskipun demikian, andaliman juga kerap disebut dengan nama szechwan pepper, chinese pepper, japanese pepper, aniseed pepper, sprice pepper, chinese prikly ash, fagara, sansho, nepal pepper, dan Indonesian lemon pepper.


Loading...

Andaliman memiliki nama ilmiah Zanthoxylum acanthopodium. Ia masih termasuk suku jeruk-jerukan, Rutaceae. Karena terkenal banyak digunakan untuk masakan Batak, orang sering kali menyebutnya sebagai merica batak.

Beberapa masakan Batak yang menggunakan andaliman antara lain arsik dan saksang. Andaliman sendiri memiliki aroma jeruk yang sangat lembut. Namun, rasanya pedas menggigit. Kepedasan ini berbeda dengan yang terdapat pada cabai atau lada. Oleh karenanya, untuk membuat arsik dan saksang, andaliman tidak bisa digantikan rempah lain.

Arsik sendiri merupakan makanan olahan ikan mas dengan bumbu kuning. Sementara, saksang adalah sejenis gulai dengan bahan baku utama daging babi. Andaliman juga digunakan untuk pembuatan sambal na tinombur, dengke mas na niura, sambal tuktuk, mi gomak, dan lain-lain.

Rasa menggigit yang bisa dirasakan saat mengonsumsi andaliman ini karena keberadaan salah satu zat. Zat tersebut adalah hydroxy-alpha-sanshool.

Andaliman memiliki penampakan bulat kecil dan bergerombol. Bentuknya hampir mirip dengan buah lada pada umumnya. Anda bisa menemukan andaliman di pasar dalam keadaan yang masih utuh ataupun sudah diolah menjadi bentuk pasta.

Baca Juga:  Cabai Pelangi Karya Anak Bangsa

Jika Anda hendak membeli rempah ini, pastikan memilih andaliman dengan kualitas yang unggul. Ciri andaliman yang baik adalah kering, tidak lembap, dan memiliki aroma yang menyengat.

Agar kualitasnya tetap terjaga, simpan andaliman dalam stoples yang kedap udara. Stoples juga harus kering agar andaliman bisa awet lebih lama. Stoples yang lembap akan menyebabkan andaliman lebih cepat rusak.

Loading...
Loading...