Mengenal Anggota Koloni Semut Rangrang yang Jumlahnya Ribuan

Pertanianku — Semut rangrang identik hidup berkoloni. Satu koloni semut rangrang dapat mencapai ribuan ekor. Di dalam koloni terdapat pembagian kasta berdasarkan tugas masing-masing anggota koloni. Berikut ini anggota koloni semut rangrang berdasarkan kastanya.

koloni semut rangrang
foto: Pertanianku

Ratu semut

Setiap satu koloni semut rangrang memiliki satu atau lebih ratu semut. Biasanya pada musim kemarau setiap sarang hanya memiliki satu ratu semut, sedangkan pada musim hujan jumlah ratu semut dapat bertambah.

Ratu semut sangat mudah dikenali dari bentuk fisiknya yang lebih besar, ukurannya sekitar 1 cm. Tubuhnya berwarna hijau kecokelatan dengan bagian perutnya membesar dan menghasilkan banyak telur. Ratu semut dapat dijumpai pada posisi yang paling aman, berada di bagian sarang yang tidak terlalu kecil dan terlindungi oleh dedaunan yang mengering. Ratu semut hanya dapat bertahan hidup selama beberapa bulan.

Semut jantan

Semut jantan sangat mudah dikenali dari bentuk fisiknya karena semut jantan memiliki tubuh berwarna hitam dan ukurannya lebih kecil dari ratu semut. Siklus hidup semut jantan sangat singkat, semut akan mati setelah mengawini ratu. Semut jantan dapat bertahan hidup selama satu minggu jika dipelihara di dalam laboratorium.

Semut pekerja

Semut pekerja merupakan semut betina yang mandul atau tidak bisa bereproduksi. Ukuran semut pekerja mencapai 1,5—2 mm, tugas semut ini ialah merawat semut-semut yang masih muda dan hidup di dalam sarang.

Pada musim hujan jumlah semut pekerja dan semut-semut lain dapat berkurang sangat drastis karena semut tidak mampu bertahan di dalam genangan air.

Semut prajurit

Dibandingkan dengan seluruh kasta yang ada di dalam koloni, kasta semut prajurit memiliki jumlah yang paling banyak. Semut prajurit bertugas untuk melindung sarang dari serangan predator, mengumpulkan bahan pakan untuk semua anggota koloni, dan membangun sarang.

Baca Juga:  Melatih Cupang Hias Menjadi Juara

Semut prajurit juga sering bertugas untuk membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat untuk dipindahkan ke tempat yang aman. Pada kondisi tertentu, semut prajurit juga bertugas membawa telur yang sudah dihasilkan oleh ratu semut. Tugas semut prajurit memang tergolong sangat banyak, bahkan hampir seluruh tugas dari koloni semut ditanggung oleh semut prajurit.