Mengenal Arwana Banjar merah

PertaniankuArwana banjar merah merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni arwana merah. Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun pipi.

Arwana Banjar merah

Sepintas banjar merah muda sangat mirip dengan arwana merah muda sehingga para hobiis baru arwana sering terkecoh. Arwana merah muda memiliki sirip berwarna merah pekat merata pada seluruh permukaan sirip, sedangkan banjar merah memiliki warna sirip yang lebih muda atau cenderung orangemerah pucat. Warna sisik banjar merah kuning atau kehijauan. Penampakannya juga tidak semengkilap arwana merah yang sesungguhnya.

Banjar merah juga dicirikan dengan bentuk kepala yang cenderung membulat dan mulut yang tidak terlalu lancip. Ciri lain adalah tutup insang arwana merah muda dan bingkai siripnya berwarna pink tua atau menyerupai warna karat. Pada arwana merah, warna ini akan berubah menjadi orange atau merah setelah dewasa. Sementara pada banjar merah, warnanya tidak berubah, bahkan pada ikan yang sudah dewasa sekali pun.

 

Sumber: Buku Arwana

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

loading...