Inilah Asal-Usul Ayam Ketawa


Pertanianku – Pecinta ayam hias pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama ayam ketawa. Pemberian nama tersebut tentunya bukan hal yang sembarangan. Ada beberapa asalan yang membuat ayam satu ini diberi nama ayam, ketawa. Anda mau tahu?

Alasannya ialah suara yang dihasilkan oleh ayam ini sangat berbeda dengan ayam pada umumnya. Suara ayam ketawa mirip seperti suara orang yang sedang tertawa. Itu sebabnya ayam ini diberi nama ayam ketawa.

mengenal asal-usul ayam ketawa
metrotvnews

Ayam satu ini disebut sebagai ayam jantan yang berasal dari timur Indonesia, tepatnya di Kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Ayam ini sekilas terlihat seperti ayam pada umumnya, hanya saja suara yang dihasilkan berbeda dengan ayam lainnya yaitu memiliki ciri khas, seperti orang tertawa.

Karena suaranya yang unik, ayam ini cukup diminati masyarakat. Namun, ayam ketawa termasuk dalam kategori unggas yang dilindungi pemerintah. Hal ini disebabkan karena jumlah populasinya kian lama kian sedikit bahkan hampir punah.

Ayam ini ternyata sudah dikenal sejak dulu oleh masyarakat. Konon pada zaman dulu, ayam ketawa hanya dipelihara oleh kaum bangsawan bugis. Bisa dikatakan ayam ini dijadikan sebuah simbol status sosial seseorang di masyarakat yang menggambarkan tentang kesuksesan dan keberanian.

 

 

 

Baca Juga:  Cara Paling Ampuh Atasi Lovebird Turun Tangkringan