Mengenal Asal-Usul Kesemek


Pertanianku – Tanaman kesemek berasal dari Cina, namun diduga juga berasal dari Jepang. Di Indonesia, dikenal ada dua jenis, yaitu yang berasal dari luar negeri (Diospyros kaki, L. f ) dan yang berasal dari hutan (Diospyros hasseltii), tetapi keduanya mempunyai pohon yang sulit dibedakan.

Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Kesemek

Tanaman kesemek dapat diperbanyak dengan okulasi, enten (sambungan), dan cangkok atau tunas akar yang tumbuh. Perbanyakan dengan biji akan menghasilkan tanaman yang menyimpang dari sifat induknya (segregasi) karena tanaman kesemek menyerbuk silang. Dengan bibit okulasi, sifat buah tidak berbiji dapat dipertahankan.

Buah matang mempunyai nilai gizi tinggi. Tiap 100 g buah yang dapat dimakan mengandung 0,7 g protein; 0,4 g lemak, dan 19,6 g karbohidrat. Buahnya banyak mengandung potasium dan vitamin A serta 320 KJ. Kulit buah muda dan getahnya mengandung tanin yang baik untuk bahan pewarna atau cat. Tanaman kesemek walaupun sistem perakarannya kuat, karena sifatnya yang meranggas (deciduous) tidak cocok untuk pengendalian erosi pada lahan-lahan kritis.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan
loading...
loading...