Mengenal Asal-Usul Pisang


Pertanianku – Pisang berasal dari Asia Tenggara. Kini, tanaman pisang telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Buah pisang sangat populer dan digemari oleh semua lapisan masyarakat. Pisang yang dikonsumsi segar sebagai buah meja ini berasal dari hasil persilangan alamiah antara Musa acuminata dengan Musa balbisiana yang kini turunannya dikenal lebih dari ratusan jenis pisang, yakni pisang meja, pisang rebus (olahan), dan pisang hias. Pisang meja yang terkenal antara lain ambon kuning, ambon hijau (ambon lumut), cavendish, dan ambon putih.

pisang 1

Jenis pisang lain untuk buah meja yang berpotensi digemari konsumen adalah pisang raja (raja bulu), barangan, pisang mas, dan pisang sere.

Buah pisang banyak manfaatnya. Selain untuk buah meja, buah pisang yang belum matang dapat dibuat keripik, sedangkan buah yang telah matang dapat dibuat sale dan pisang goreng. Buah yang masih muda dapat dibuat tepung yang harganya mahal.

Di Indonesia Timur, seperti di Sumba Timor dan Kupang, batang pisang dijadikan makanan ternak kerbau. Daun pisang batu biasa digunakan untuk bahan pembungkus karena tahan sobek.

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus
loading...
loading...